Pemerintah Akan Membuka Lowongan 60.000 CPNS Baru | Informasi Lowongan Kerja Terbaru

Pemerintah Akan Membuka Lowongan 60.000 CPNS Baru

,
ADS

Dalam perekrutan CPNS baru tahun 2013 ini pemerintah telah sepakat untuk lebih mengutamakan lagi dalam segi integritas dalam mencari pegawai negeri sipil baru. Pihak aparatur negara seyogyanya saat ini tengah memiliki power culture yang akan digunakan sebagai bentuk dedikasinya terhadap abdi negara. Dalam menghadapi persoalan integritas tersebut pemerintah akan melakukan sistem pengetatan dalam pelaksanaan penerimaan CPNS baru tahun 2013.

Salman, asisten Deputi Kesejahteraan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur KemenPAN mengatakan, “saat ini sangat diperlukan adanya proses perbaikan terhadap system seleksi agar dapat memperoleh SDM Aparatur yang sangat berkualitas.”

Salman kembali menegaskan, “proses perekrutan CPNS baru ini memiliki tujuan untuk memilih sarjana-sarjana terbaik lulusan universitas terbaik pula.”

Selain memiliki power culture, dalam rencana perekrutan CPNS baru tahun 2013 ini juga harus bias memenuhi syarat-syarat passing grade yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat. Yakni nilai kelulusan yang akan diberlakukan lagi dalam proses penerimaan CPNS baru tahun 2013.

“Ketika negara kita mulai merdeka, sejak saat itu pula kita tidak lagi memakai system passing grade dalam proses penerimaan CPNS baru. Dan sekarang jika kita membutuhkan 10 pegawai akan tetapi yang lulus hanyalah 5 orang, maka hanya ke-lima orang tersebutlah yang akan direkrut,” tutur Eko Prasojo, WamenPAN-RB.

Selama proses pengujian berlangsung, tidak hanya akan menguji dalam bidang kepribadian, wawasan kebangsaan, serta kompetensi dasar. Melainkan CPNS juga harus lulus dalam kompetensi bidang. Dalam segi ini sangat dibutuhkan kreatifitas aparatur dalam sebuah perubahan yang akan lebih baik lagi dari sebelumnya terhadap negara Indonesia kita ini.

Pelaksanaan tersebut akan dimulai dari memperbaiki daya tarik dari setiap pekerjaan abdi negara ini, sehingga nantinya dapat menciptakan susunan yang kondusif untuk perubahan birokrasi. “Satu persen orang terhebat di Indonesia harus dapat masuk kedalam birokrasi,” ujar Eko.

Untuk tahun 2013 ini pemerintah akan memulai kembali merekrut CPNS baru dengan jumlah yang tidaklah sedikit, jumlah yang akan diterima oleh pemerintah yaitu sebanyak 60.000 orang untuk tahun ini. Jumlah tersebut sudah termasuk kedalam program pengangkatan tenaga honorer yang sampai saat ini masih tersisa.

Eko menjelaskan, “tahun 2013 ini untuk kategori pelamar umum pemerintah akan membuka lowongan sebanyak 60.000 lowongan CPNS.” Dan dengan sekian banyak jumlah yang telah disetujui tersebut, penerimaan pegawai dari pelamar umum akan dibagi menjadi dua begian besar, yaitu akan ditempatkan untuk pemerintah pusat serta pemerintah daerah. Dari sini pemerintah bisa benar-benar mencari pegawai yang sesuai dengan kebutuhan untuk sejumlah instansi pusat serta daerah.

Semoga informasi ini bermanfaat...

LOKER Terbaru