ADS
PENGUMUMAN
NOMOR: PENG-014/IX/BSN-2013
TENTANG
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS)
DI LINGKUNGAN BADAN SAR NASIONAL
TAHUN ANGGARAN 2013
NOMOR: PENG-014/IX/BSN-2013
TENTANG
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS)
DI LINGKUNGAN BADAN SAR NASIONAL
TAHUN ANGGARAN 2013
Badan SAR Nasional yang merupakan Lembaga
Pemerintah Non Kementerian (LPNK) memberikan kesempatan kepada Warga Negara
Indonesia yang memiliki kualifikasi pendidikan Strata 1 (S1) atau Diploma III (D3) dan SMK/ SLTA untuk
mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Badan SAR Nasional tahun anggaran 2013.
I. PERSYARATAN UMUM
1. Warga Negara Indonesia, yang bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa,
setia dan taat kepada Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 serta
Negara dan Pemerintah Republik Indonesia.
2. Memiliki ijazah Strata 1 (S1) atau Diploma III (D3) baik dari lulusan
perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta yang telah
terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN); atau memiliki ijazah
SMK/SLTA negeri atau swasta yang terakreditasi, dan bagi ijazah yang
diperoleh dari sekolah/perguruan tinggi luar negeri harus mendapat
penetapan penyetaraan dari Panitia Penilaian Ijazah Luar Negeri
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan
berdasarkan keputusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan
hukum tetap karena melakukan tindak pidana kejahatan, yang dibuktikan
dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
4. Tidak mengkonsumsi/ menggunakan narkotika, yang dibuktikan dengan
Surat Keterangan Tidak Mengkonsumsi/ Menggunakan Narkotika,
Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif lainnya dari Unit pelayanan
kesehatan Pemerintah.
5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri,
atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/ Anggota
TNI/POLRI maupun sebagai pegawai swasta yang dinyatakan dengan
Surat Pernyataan yang ditandatangani di atas meterai Rp. 6.000,–.
6. Tidak sedang berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau
Pegawai Negeri Sipil atau anggota TNI/POLRI, dan tidak sedang terikat
perjanjian atau kontrak kerja dengan instansi lain (pemerintah atau
swasta), yang dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang ditandatangani
di atas meterai Rp. 6.000,–.
7. Sehat jasmani dan rohani, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan
Sehat Jasmani dan Rohani yang dibuat oleh Dokter Rumah Sakit
Pemerintah.
8. Bersedia ditempatkan pada unit kerja sesuai dengan pilihan pada
pendaftaran on line yang dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang
ditandatangani di atas meterai Rp. 6.000,–.
(persyaratan angka 3 sampai dengan angka 8, dilengkapi setelah
dinyatakan lulus seleksi dan diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil
Badan SAR Nasional)
setia dan taat kepada Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 serta
Negara dan Pemerintah Republik Indonesia.
2. Memiliki ijazah Strata 1 (S1) atau Diploma III (D3) baik dari lulusan
perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta yang telah
terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN); atau memiliki ijazah
SMK/SLTA negeri atau swasta yang terakreditasi, dan bagi ijazah yang
diperoleh dari sekolah/perguruan tinggi luar negeri harus mendapat
penetapan penyetaraan dari Panitia Penilaian Ijazah Luar Negeri
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan
berdasarkan keputusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan
hukum tetap karena melakukan tindak pidana kejahatan, yang dibuktikan
dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
4. Tidak mengkonsumsi/ menggunakan narkotika, yang dibuktikan dengan
Surat Keterangan Tidak Mengkonsumsi/ Menggunakan Narkotika,
Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif lainnya dari Unit pelayanan
kesehatan Pemerintah.
5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri,
atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/ Anggota
TNI/POLRI maupun sebagai pegawai swasta yang dinyatakan dengan
Surat Pernyataan yang ditandatangani di atas meterai Rp. 6.000,–.
6. Tidak sedang berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau
Pegawai Negeri Sipil atau anggota TNI/POLRI, dan tidak sedang terikat
perjanjian atau kontrak kerja dengan instansi lain (pemerintah atau
swasta), yang dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang ditandatangani
di atas meterai Rp. 6.000,–.
7. Sehat jasmani dan rohani, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan
Sehat Jasmani dan Rohani yang dibuat oleh Dokter Rumah Sakit
Pemerintah.
8. Bersedia ditempatkan pada unit kerja sesuai dengan pilihan pada
pendaftaran on line yang dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang
ditandatangani di atas meterai Rp. 6.000,–.
(persyaratan angka 3 sampai dengan angka 8, dilengkapi setelah
dinyatakan lulus seleksi dan diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil
Badan SAR Nasional)
II. PERSYARATAN KHUSUS
1. Usia
a. Minimal pada tanggal 1 Desember 2013 telah berusia 18 tahun untuk
semua jenjang pendidikan (Strata 1 (S1) atau Diploma III (D3), dan
SMK/SLTA).
b. Maksimal pada tanggal 1 Desember 2013:
1) Bagi yang memiliki ijazah Strata 1 (S1) atau Diploma III (D3)
berusia setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun dan
SMK/SLTA yang bukan melamar sebagai Rescuer, berusia
setinggi-tingginya 30 (tiga puluh) tahun;
2) Khusus yang memiliki ijazah SMK/SLTA yang melamar sebagai
Rescuer, berusia setinggi-tingginya 27 (dua puluh tujuh) tahun.
2. Bagi pelamar yang memiliki ijazah SMK/SLTA dan melamar sebagai
Rescuer:
a. Untuk pelamar pria, memiliki tinggi badan minimal 165 cm serta
memiliki berat badan normal.
b. Untuk pelamar wanita, memiliki tinggi badan minimal 155 cm serta
memiliki berat badan normal.
c. Belum pernah menikah dan bersedia tidak menikah hingga diangkat
sebagai PNS.
d. Mampu berenang, dan apabila dinyatakan lulus seleksi Calon
Pegawai Negeri Sipil Badan SAR Nasional wajib menyerahkan
fotokopi sertifikat renang.
e. Memenuhi persyaratan fisik dan kesehatan dasar.
3. Rata-rata Nilai STTB dan Indek Prestasi Kumulatif (IPK).
a. Bagi yang berijazah SMK/SLTA memiliki nilai rata-rata STTB ? 7,00.
b. Bagi pelamar yang berijazah Strata 1 (S1) atau Diploma III (D3) :
1) Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/ Swasta dengan Program
Studi Terakreditasi A, nilai IPK ? 2,75.
2) Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/ Swasta dengan Program
Studi Terakreditasi B atau C, nilai IPK ? 3.
4. Bagi yang berijazah Strata 1 (S1) atau Diploma III (D3) mampu berbahasa
Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat.
5. Bagi yang berijazah Strata 1 (S1) atau Diploma III (D3), atau SMK yang
melamar sebagai Operator Komputer, mampu mengoperasikan komputer
MS-Office yang dibuktikan dengan sertifikat, kecuali bagi yang melamar
dengan ijazah S1 Informatika/ D3 Komputer/ D3 Informatika.
6. Tidak bertato terkecuali pelamar dari daerah tertentu yang dapat
dibuktikan karena tuntutan adat.
7. Tidak bertindik terkecuali bagi wanita hanya untuk anting/giwang atau
pelamar dari daerah tertentu yang dapat dibuktikan karena tuntutan adat.
1. Usia
a. Minimal pada tanggal 1 Desember 2013 telah berusia 18 tahun untuk
semua jenjang pendidikan (Strata 1 (S1) atau Diploma III (D3), dan
SMK/SLTA).
b. Maksimal pada tanggal 1 Desember 2013:
1) Bagi yang memiliki ijazah Strata 1 (S1) atau Diploma III (D3)
berusia setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun dan
SMK/SLTA yang bukan melamar sebagai Rescuer, berusia
setinggi-tingginya 30 (tiga puluh) tahun;
2) Khusus yang memiliki ijazah SMK/SLTA yang melamar sebagai
Rescuer, berusia setinggi-tingginya 27 (dua puluh tujuh) tahun.
2. Bagi pelamar yang memiliki ijazah SMK/SLTA dan melamar sebagai
Rescuer:
a. Untuk pelamar pria, memiliki tinggi badan minimal 165 cm serta
memiliki berat badan normal.
b. Untuk pelamar wanita, memiliki tinggi badan minimal 155 cm serta
memiliki berat badan normal.
c. Belum pernah menikah dan bersedia tidak menikah hingga diangkat
sebagai PNS.
d. Mampu berenang, dan apabila dinyatakan lulus seleksi Calon
Pegawai Negeri Sipil Badan SAR Nasional wajib menyerahkan
fotokopi sertifikat renang.
e. Memenuhi persyaratan fisik dan kesehatan dasar.
3. Rata-rata Nilai STTB dan Indek Prestasi Kumulatif (IPK).
a. Bagi yang berijazah SMK/SLTA memiliki nilai rata-rata STTB ? 7,00.
b. Bagi pelamar yang berijazah Strata 1 (S1) atau Diploma III (D3) :
1) Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/ Swasta dengan Program
Studi Terakreditasi A, nilai IPK ? 2,75.
2) Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/ Swasta dengan Program
Studi Terakreditasi B atau C, nilai IPK ? 3.
4. Bagi yang berijazah Strata 1 (S1) atau Diploma III (D3) mampu berbahasa
Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat.
5. Bagi yang berijazah Strata 1 (S1) atau Diploma III (D3), atau SMK yang
melamar sebagai Operator Komputer, mampu mengoperasikan komputer
MS-Office yang dibuktikan dengan sertifikat, kecuali bagi yang melamar
dengan ijazah S1 Informatika/ D3 Komputer/ D3 Informatika.
6. Tidak bertato terkecuali pelamar dari daerah tertentu yang dapat
dibuktikan karena tuntutan adat.
7. Tidak bertindik terkecuali bagi wanita hanya untuk anting/giwang atau
pelamar dari daerah tertentu yang dapat dibuktikan karena tuntutan adat.
III. FORMASI CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL BADAN
SAR NASIONAL
TAHUN ANGGARAN 2013 SELENGKAPNYA DAPAT DILIHAT PADA
LAMPIRAN PENGUMUMAN INI.
TAHUN ANGGARAN 2013 SELENGKAPNYA DAPAT DILIHAT PADA
LAMPIRAN PENGUMUMAN INI.
FORMASI PENGADAAN CPNS
BADAN SAR NASIONAL TAHUN ANGGARAN 2013
1. Kantor SAR Kelas A Lampung
Pengelola Kegiatan dan Anggaran S1 Akuntansi/ S1 Administrasi Niaga 1
Pengelola BMN S1 Akuntansi 1
Penata Laporan Keuangan S1 Akuntansi 2
Perawat D3 Keperawatan (diutamakan memiliki sertifikat ATLS/ ACLS) 1
Verifikator Keuangan D3 Akuntansi 1
Pengelola Peralatan Radio dan Komunikasi D3 Teknik Elektro 1
Pengelola Urusan Tata Usaha dan Kerumahtanggaan D3 Administrasi Perkantoran 1
Analis Kepegawaian D3 Administrasi 1
Rescuer SLTA/ SMK + Sertifikat Renang 4
2. Kantor SAR Kelas A Jakarta (Pos SAR P. Ratu)
Rescuer SLTA/ SMK + Sertifikat Renang 10
3. Kantor SAR Kelas A Padang (Pos SAR Mentawai)
Rescuer SLTA/ SMK + Sertifikat Renang 10
4. Kantor SAR Kelas A Manado (Pos SAR Amurang)
Rescuer SLTA/ SMK + Sertifikat Renang 15
5. Kantor SAR Kelas B Gorontalo
Pengelola BMN S1 Akuntansi 1
Pengelola Kegiatan dan Anggaran S1 Akuntansi/ S1 Administrasi Niaga 1
Verifikator Keuangan D3 Akuntansi 1
Pengelola Peralatan Radio dan Komunikasi D3 Teknik Elektro 1
Pengelola Urusan Tata Usaha dan Kerumahtanggaan D3 Administrasi Perkantoran 1
Analis Kepegawaian D3 Administrasi 1
Rescuer SLTA/ SMK + Sertifikat Renang 10
6. Kantor SAR Kelas B Ternate
Pengelola Kegiatan dan Anggaran S1 Akuntansi/ S1 Administrasi Niaga 1
Pengelola BMN S1 Akuntansi 1
Penata Laporan Keuangan S1 Akuntansi 2
Verifikator Keuangan D3 Akuntansi 1
Pengelola Peralatan Radio dan Komunikasi D3 Teknik Elektro 1
Pengelola Urusan Tata Usaha dan Kerumahtanggaan D3 Administrasi Perkantoran 1
Analis Kepegawaian D3 Administrasi 1
Rescuer SLTA/ SMK + Sertifikat Renang 12
7. Kantor SAR Kelas B Bengkulu
Pengelola Kegiatan dan Anggaran S1 Akuntansi/ S1 Administrasi Niaga 1
Pengelola BMN S1 Akuntansi 1
Penata Laporan Keuangan S1 Akuntansi 2
Verifikator Keuangan D3 Akuntansi 1
Pengelola Peralatan Radio dan Komunikasi D3 Teknik Elektro 1
Pengelola Urusan Tata Usaha dan Kerumahtanggaan D3 Administrasi Perkantoran 1
Rescuer SLTA/ SMK + Sertifikat Renang 9
8. Kantor SAR Kelas B Jambi
Pengelola Kegiatan dan Anggaran S1 Akuntansi/ S1 Administrasi Niaga 1
Pengelola BMN S1 Akuntansi 1
Penata Laporan Keuangan S1 Akuntansi 2
Verifikator Keuangan D3 Akuntansi 1
Pengelola Peralatan Radio dan Komunikasi D3 Teknik Elektro 1
Pengelola Urusan Tata Usaha dan Kerumahtanggaan D3 Administrasi Perkantoran 1
Analis Kepegawaian D3 Administrasi 1
Perawat D3 Keperawatan (diutamakan memiliki sertifikat ATLS/ ACLS) 1
Rescuer SLTA/ SMK + Sertifikat Renang 6
9. Kantor SAR Kelas B Pangkal Pinang
Pengelola Kegiatan dan Anggaran S1 Akuntansi/ S1 Administrasi Niaga 1
Penata Laporan Keuangan S1 Akuntansi 3
Verifikator Keuangan D3 Akuntansi 1
Pengelola Peralatan Radio dan Komunikasi D3 Teknik Elektro 1
Pengelola Urusan Tata Usaha dan Kerumahtanggaan D3 Administrasi Perkantoran 1
Analis Kepegawaian D3 Administrasi 1
Rescuer SLTA/ SMK + Sertifikat Renang 5
10. Kantor SAR Kelas B Palu
Pengelola Kegiatan dan Anggaran S1 Akuntansi/ S1 Administrasi Niaga 1
Pengelola BMN S1 Akuntansi 1
Penata Laporan Keuangan S1 Akuntansi 2
Verifikator Keuangan D3 Akuntansi 1
Pengelola Peralatan Radio dan Komunikasi D3 Teknik Elektro 1
Pengelola Urusan Tata Usaha dan Kerumahtanggaan D3 Administrasi Perkantoran 1
Analis Kepegawaian D3 Administrasi 1
Rescuer SLTA/ SMK + Sertifikat Renang 5
11. Kantor SAR Kelas B Manokwari
Pengelola Kegiatan dan Anggaran S1 Akuntansi/ S1 Administrasi Niaga 1
Pengelola BMN S1 Akuntansi 1
Penata Laporan Keuangan S1 Akuntansi 2
Verifikator Keuangan D3 Akuntansi 1
Pengelola Peralatan Radio dan Komunikasi D3 Teknik Elektro 1
Pengelola Urusan Tata Usaha dan Kerumahtanggaan D3 Administrasi Perkantoran 1
Analis Kepegawaian D3 Administrasi 1
Rescuer SLTA/ SMK + Sertifikat Renang 11
12. Kantor SAR Kelas B Bandung
Rescuer SLTA/ SMK + Sertifikat Renang 10
Pengelola Urusan Tata Usaha dan Kerumahtanggaan D3 Administrasi Perkantoran 1
Pengelola Kegiatan dan Anggaran S1 Akuntansi/ S1 Administrasi Niaga 1
Pengelola BMN S1 Akuntansi 1
Penata Laporan Keuangan S1 Akuntansi 2
Perawat D3 Keperawatan (diutamakan memiliki sertifikat ATLS/ ACLS) 1
Verifikator Keuangan D3 Akuntansi 1
Pengelola Peralatan Radio dan Komunikasi D3 Teknik Elektro 1
Pengelola Urusan Tata Usaha dan Kerumahtanggaan D3 Administrasi Perkantoran 1
Analis Kepegawaian D3 Administrasi 1
Rescuer SLTA/ SMK + Sertifikat Renang 4
2. Kantor SAR Kelas A Jakarta (Pos SAR P. Ratu)
Rescuer SLTA/ SMK + Sertifikat Renang 10
3. Kantor SAR Kelas A Padang (Pos SAR Mentawai)
Rescuer SLTA/ SMK + Sertifikat Renang 10
4. Kantor SAR Kelas A Manado (Pos SAR Amurang)
Rescuer SLTA/ SMK + Sertifikat Renang 15
5. Kantor SAR Kelas B Gorontalo
Pengelola BMN S1 Akuntansi 1
Pengelola Kegiatan dan Anggaran S1 Akuntansi/ S1 Administrasi Niaga 1
Verifikator Keuangan D3 Akuntansi 1
Pengelola Peralatan Radio dan Komunikasi D3 Teknik Elektro 1
Pengelola Urusan Tata Usaha dan Kerumahtanggaan D3 Administrasi Perkantoran 1
Analis Kepegawaian D3 Administrasi 1
Rescuer SLTA/ SMK + Sertifikat Renang 10
6. Kantor SAR Kelas B Ternate
Pengelola Kegiatan dan Anggaran S1 Akuntansi/ S1 Administrasi Niaga 1
Pengelola BMN S1 Akuntansi 1
Penata Laporan Keuangan S1 Akuntansi 2
Verifikator Keuangan D3 Akuntansi 1
Pengelola Peralatan Radio dan Komunikasi D3 Teknik Elektro 1
Pengelola Urusan Tata Usaha dan Kerumahtanggaan D3 Administrasi Perkantoran 1
Analis Kepegawaian D3 Administrasi 1
Rescuer SLTA/ SMK + Sertifikat Renang 12
7. Kantor SAR Kelas B Bengkulu
Pengelola Kegiatan dan Anggaran S1 Akuntansi/ S1 Administrasi Niaga 1
Pengelola BMN S1 Akuntansi 1
Penata Laporan Keuangan S1 Akuntansi 2
Verifikator Keuangan D3 Akuntansi 1
Pengelola Peralatan Radio dan Komunikasi D3 Teknik Elektro 1
Pengelola Urusan Tata Usaha dan Kerumahtanggaan D3 Administrasi Perkantoran 1
Rescuer SLTA/ SMK + Sertifikat Renang 9
8. Kantor SAR Kelas B Jambi
Pengelola Kegiatan dan Anggaran S1 Akuntansi/ S1 Administrasi Niaga 1
Pengelola BMN S1 Akuntansi 1
Penata Laporan Keuangan S1 Akuntansi 2
Verifikator Keuangan D3 Akuntansi 1
Pengelola Peralatan Radio dan Komunikasi D3 Teknik Elektro 1
Pengelola Urusan Tata Usaha dan Kerumahtanggaan D3 Administrasi Perkantoran 1
Analis Kepegawaian D3 Administrasi 1
Perawat D3 Keperawatan (diutamakan memiliki sertifikat ATLS/ ACLS) 1
Rescuer SLTA/ SMK + Sertifikat Renang 6
9. Kantor SAR Kelas B Pangkal Pinang
Pengelola Kegiatan dan Anggaran S1 Akuntansi/ S1 Administrasi Niaga 1
Penata Laporan Keuangan S1 Akuntansi 3
Verifikator Keuangan D3 Akuntansi 1
Pengelola Peralatan Radio dan Komunikasi D3 Teknik Elektro 1
Pengelola Urusan Tata Usaha dan Kerumahtanggaan D3 Administrasi Perkantoran 1
Analis Kepegawaian D3 Administrasi 1
Rescuer SLTA/ SMK + Sertifikat Renang 5
10. Kantor SAR Kelas B Palu
Pengelola Kegiatan dan Anggaran S1 Akuntansi/ S1 Administrasi Niaga 1
Pengelola BMN S1 Akuntansi 1
Penata Laporan Keuangan S1 Akuntansi 2
Verifikator Keuangan D3 Akuntansi 1
Pengelola Peralatan Radio dan Komunikasi D3 Teknik Elektro 1
Pengelola Urusan Tata Usaha dan Kerumahtanggaan D3 Administrasi Perkantoran 1
Analis Kepegawaian D3 Administrasi 1
Rescuer SLTA/ SMK + Sertifikat Renang 5
11. Kantor SAR Kelas B Manokwari
Pengelola Kegiatan dan Anggaran S1 Akuntansi/ S1 Administrasi Niaga 1
Pengelola BMN S1 Akuntansi 1
Penata Laporan Keuangan S1 Akuntansi 2
Verifikator Keuangan D3 Akuntansi 1
Pengelola Peralatan Radio dan Komunikasi D3 Teknik Elektro 1
Pengelola Urusan Tata Usaha dan Kerumahtanggaan D3 Administrasi Perkantoran 1
Analis Kepegawaian D3 Administrasi 1
Rescuer SLTA/ SMK + Sertifikat Renang 11
12. Kantor SAR Kelas B Bandung
Rescuer SLTA/ SMK + Sertifikat Renang 10
Pengelola Urusan Tata Usaha dan Kerumahtanggaan D3 Administrasi Perkantoran 1
13. Kantor Pusat Badan SAR Nasional
Direktorat Operasi dan Latihan
Pengelola Kegiatan dan Anggaran S1 Akuntansi/ S1 Administrasi Niaga 1
Penyusun Rencana Operasi SAR S1 Informatika/ S1 Teknik Sipil/ S1
Hukum Internasional/ DIV LLU/ DIV Nautika 1
Pengendali Operasi SAR S1 Informatika/ S1 Teknik Sipil/ S1 Hukum Internasional/ DIV LLU/ DIV Nautika 1
Penyusun Standardisasi Siaga, Latihan dan Operasi S1 Hukum 1
Pengelola Data Potensi SAR D3 Informatika/ D3 Statistik 1
Pengadministrasi Laporan Evaluasi Operasi SAR D3 Informatika/ D3 Administrasi 1
Pengolah Data dan Standardisasi D3 Komputer 1
Pengadministrasi Latihan SAR D3 Informatika/ D3 Administrasi 1
Pengelola Kegiatan dan Anggaran S1 Akuntansi/ S1 Administrasi Niaga 1
Penyusun Rencana Operasi SAR S1 Informatika/ S1 Teknik Sipil/ S1
Hukum Internasional/ DIV LLU/ DIV Nautika 1
Pengendali Operasi SAR S1 Informatika/ S1 Teknik Sipil/ S1 Hukum Internasional/ DIV LLU/ DIV Nautika 1
Penyusun Standardisasi Siaga, Latihan dan Operasi S1 Hukum 1
Pengelola Data Potensi SAR D3 Informatika/ D3 Statistik 1
Pengadministrasi Laporan Evaluasi Operasi SAR D3 Informatika/ D3 Administrasi 1
Pengolah Data dan Standardisasi D3 Komputer 1
Pengadministrasi Latihan SAR D3 Informatika/ D3 Administrasi 1
Direktorat Komunikasi
Analis Kebutuhan Sistem Komunikasi S1 Elektro Komunikasi 1
Perencana Pengembangan Sistem Komunikasi S1 Elektro Komunikasi 1
Analis Kebutuhan Sistem Komunikasi S1 Elektro Komunikasi 1
Perencana Pengembangan Sistem Komunikasi S1 Elektro Komunikasi 1
Direktorat Sarana dan Prasarana
Teknisi Mesin Pesawat (Helikopter) D3 Mesin Pesawat 1
Teknisi Badan Pesawat D3 Mesin Pesawat 1
Teknisi Avionic dan Navigasi D3 Elektronika Pesawat 1
Teknisi Mesin Kapal SAR D3 Perkapalan 1
Teknisi Body Kapal SAR D3 Perkapalan 1
Teknisi Mesin Pesawat (Helikopter) D3 Mesin Pesawat 1
Teknisi Badan Pesawat D3 Mesin Pesawat 1
Teknisi Avionic dan Navigasi D3 Elektronika Pesawat 1
Teknisi Mesin Kapal SAR D3 Perkapalan 1
Teknisi Body Kapal SAR D3 Perkapalan 1
Direktorat Bina Ketenagaan dan Pemasyarakatan
SAR
Sekretaris Pimpinan D3 Sekretaris 1
Sekretaris Pimpinan D3 Sekretaris 1
Biro Perencanaan dan KTLN
Pranata Komputer D3 Komputer 1
Pranata Komputer D3 Komputer 1
Biro Umum
Pranata Humas S1 Komunikasi 1
Pranata Komputer D3 Komputer 1
Perawat Gigi SMK Pengatur Rawat Gigi 1
Operator Komputer SMK + Serifikat Komputer 1
Pranata Humas S1 Komunikasi 1
Pranata Komputer D3 Komputer 1
Perawat Gigi SMK Pengatur Rawat Gigi 1
Operator Komputer SMK + Serifikat Komputer 1
Pusat Data dan Informasi
Penyaji Data dan Informasi D3 Desain Grafis 1
Pengelola Dokumentasi D3 Ilmu Administrasi 1
Sekretaris Pimpinan D3 Sekretaris 1
Penyaji Data dan Informasi D3 Desain Grafis 1
Pengelola Dokumentasi D3 Ilmu Administrasi 1
Sekretaris Pimpinan D3 Sekretaris 1
Balai Diklat
Instruktur SAR S1 Olahraga 3
Pengelola Keuangan S1 Akuntansi 1
Perawat D3 Keperawatan (diutamakan memiliki sertifikat ATLS/ ACLS) 1
Instruktur SAR S1 Olahraga 3
Pengelola Keuangan S1 Akuntansi 1
Perawat D3 Keperawatan (diutamakan memiliki sertifikat ATLS/ ACLS) 1
IV. KETENTUAN PENDAFTARAN
1. Pendaftaran secara on line dibuka mulai hari Jumat tanggal 13 September
2013 sampai dengan hari Jumat tanggal 27 September 2013.
2. Pendaftaran dilakukan melalui website Badan SAR Nasional, dengan
alamat www.basarnas.go.id.
3. Setiap pelamar hanya diperkenankan mengirimkan 1 (satu) berkas
lamaran dan pelamar hanya diperkenankan untuk melamar 1 (satu)
jabatan formasi yang tersedia.
4. Bagi Pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara on line dan oleh
sistem dinyatakan memenuhi syarat, akan mendapatkan Kartu/ Tanda
Bukti Pendaftaran CPNS Tahun 2013 dan Nomor Registrasi yang
harus dicetak oleh pelamar, guna selanjutnya dikirimkan bersama-sama
dengan berkas administrasi yang ditentukan.
5. Berkas administrasi terdiri :
a. Surat lamaran yang ditulis tangan dengan tinta hitam dan
ditandatangani sendiri oleh pelamar dengan mencantumkan jabatan
yang dilamar dan ditujukan kepada:
Kepala Badan SAR Nasional
Up. Panitia Pengadaan CPNS
di lingkungan Badan SAR Nasional Tahun Anggaran 2013
di Jakarta
b. Hasil cetak Kartu/ Tanda Bukti Pendaftaran CPNS Tahun 2013
dan Nomor Registrasi yang diperoleh pada saat melakukan
pendaftaran secara on line;
c. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang sesuai dengan kualifikasi
pendidikan, yang dilegalisir oleh Rektor/Dekan/Pembantu Dekan
Bidang Akademik, atau Ketua/Pembantu Ketua Bidang Akademik,
atau Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah.
d. Fotokopi penetapan Akreditasi Program Studi oleh Badan Akreditasi
Nasional Perguruan Tinggi (apabila peringkat Akreditasi tidak
tercantum pada ijazah/transkrip).
e. Pasfoto terbaru ukuran 3×4 cm (hitam putih) sebanyak 2 (dua) lembar
dengan mencantumkan nama dibelakang foto tersebut.
f. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku.
g. Fotokopi sertifikat Bahasa Inggris.
h. Fotokopi sertifikat yang membuktikan mampu mengoperasikan
komputer MS-Office (bagi yang berijazah Strata 1 (S1) atau Diploma
III (D3), atau SMK yang melamar sebagai Operator Komputer kecuali
bagi yang melamar dengan ijazah S1 Informatika/ D3 Komputer/ D3
Informatika).
6. Pada amplop berkas administrasi wajib dicantumkan kualifikasi
pendidikan, jabatan yang dilamar, serta unit kerja yang dilamar pada
bagian kanan amplop yang ditulis dengan huruf kapital.
Pada bagian belakang amplop agar dituliskan dengan huruf kapital Nama
Pelamar dan alamat tempat tinggal tetap (alamat surat) secara jelas dan
lengkap.
7. Berkas Administrasi yang dikirim tanpa disertakan hasil cetak
Kartu/Tanda Bukti Pendaftaran CPNS Tahun 2013 dan Nomor
Registrasi dinyatakan gugur, dan sebaliknya hasil cetak Kartu/Tanda
Bukti Pendaftaran CPNS Tahun 2013 dan Nomor Registrasi yang
dikirimkan tanpa disertai Berkas Administrasi Lamaran juga dinyatakan
gugur.
8. Pelamar yang tidak mencantumkan kualifikasi pendidikan, jabatan yang
dilamar, unit kerja yang dilamar, nama pelamar dan alamat tempat
tinggal, dinyatakan gugur dalam Seleksi Administrasi.
9. Pengiriman berkas administrasi.
a. Untuk pelamar formasi Kantor Pusat Badan SAR Nasional yang
meliputi unit kerja Biro Perencanaan dan KTLN, Biro Umum, Pusat
Data dan Informasi, Direktorat Sarana dan Prasarana, Direktorat Bina
Ketenagaan dan Pemasyarakatan SAR, Direktorat Operasi dan
Latihan, Direktorat Komunikasi dan Balai Diklat, berkas administrasi
dikirimkan ke Kantor Pusat Badan SAR Nasional melalui PO. BOX
1374 JKP 10013.
b. Untuk pelamar formasi pada Kantor SAR, berkas administrasi
dikirimkan ke:
1) Kantor SAR Kelas A Jakarta melalui PO. BOX 1110 BUSH.
2) Kantor SAR Kelas A Padang melalui PO. BOX 398 Padang
25000.
3) Kantor SAR Kelas A Lampung melalui PO. BOX 1223 Lampung.
4) Kantor SAR Kelas A Manado melalui Pos SAR Amurang Tromol
Pos 01, kode pos 95354.
5) Kantor SAR Kelas B Bandung melalui PO. BOX No. 5 Ujung
Berung 40600.
6) Kantor SAR Kelas B Pangkal Pinang melalui PO. BOX 206
Pangkal Pinang 33100.
7) Kantor SAR Kelas B Jambi melalui PO. BOX 84 Jambi 36001.
Kantor SAR Kelas B Bengkulu melalui PO. BOX 375 Bengkulu.
9) Kantor SAR Kelas B Palu melalui PO. BOX 1222 Palu 94234.
10) Kantor SAR Kelas B Gorontalo melalui PO. BOX 307 Gorontalo
96112.
11) Kantor SAR Kelas B Ternate melalui PO. BOX 115 Ternate
97700.
12) Kantor SAR Kelas B Manokwari melalui PO. BOX 105
Manokwari.
10. Kelengkapan berkas administrasi tersebut paling lambat diterima oleh
Panitia Pengadaan CPNS Badan SAR Nasional Tahun Anggaran 2013
pada tanggal 27 September 2013 pukul 16.00 waktu setempat (stempel
POS).
1. Pendaftaran secara on line dibuka mulai hari Jumat tanggal 13 September
2013 sampai dengan hari Jumat tanggal 27 September 2013.
2. Pendaftaran dilakukan melalui website Badan SAR Nasional, dengan
alamat www.basarnas.go.id.
3. Setiap pelamar hanya diperkenankan mengirimkan 1 (satu) berkas
lamaran dan pelamar hanya diperkenankan untuk melamar 1 (satu)
jabatan formasi yang tersedia.
4. Bagi Pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara on line dan oleh
sistem dinyatakan memenuhi syarat, akan mendapatkan Kartu/ Tanda
Bukti Pendaftaran CPNS Tahun 2013 dan Nomor Registrasi yang
harus dicetak oleh pelamar, guna selanjutnya dikirimkan bersama-sama
dengan berkas administrasi yang ditentukan.
5. Berkas administrasi terdiri :
a. Surat lamaran yang ditulis tangan dengan tinta hitam dan
ditandatangani sendiri oleh pelamar dengan mencantumkan jabatan
yang dilamar dan ditujukan kepada:
Kepala Badan SAR Nasional
Up. Panitia Pengadaan CPNS
di lingkungan Badan SAR Nasional Tahun Anggaran 2013
di Jakarta
b. Hasil cetak Kartu/ Tanda Bukti Pendaftaran CPNS Tahun 2013
dan Nomor Registrasi yang diperoleh pada saat melakukan
pendaftaran secara on line;
c. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang sesuai dengan kualifikasi
pendidikan, yang dilegalisir oleh Rektor/Dekan/Pembantu Dekan
Bidang Akademik, atau Ketua/Pembantu Ketua Bidang Akademik,
atau Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah.
d. Fotokopi penetapan Akreditasi Program Studi oleh Badan Akreditasi
Nasional Perguruan Tinggi (apabila peringkat Akreditasi tidak
tercantum pada ijazah/transkrip).
e. Pasfoto terbaru ukuran 3×4 cm (hitam putih) sebanyak 2 (dua) lembar
dengan mencantumkan nama dibelakang foto tersebut.
f. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku.
g. Fotokopi sertifikat Bahasa Inggris.
h. Fotokopi sertifikat yang membuktikan mampu mengoperasikan
komputer MS-Office (bagi yang berijazah Strata 1 (S1) atau Diploma
III (D3), atau SMK yang melamar sebagai Operator Komputer kecuali
bagi yang melamar dengan ijazah S1 Informatika/ D3 Komputer/ D3
Informatika).
6. Pada amplop berkas administrasi wajib dicantumkan kualifikasi
pendidikan, jabatan yang dilamar, serta unit kerja yang dilamar pada
bagian kanan amplop yang ditulis dengan huruf kapital.
Pada bagian belakang amplop agar dituliskan dengan huruf kapital Nama
Pelamar dan alamat tempat tinggal tetap (alamat surat) secara jelas dan
lengkap.
7. Berkas Administrasi yang dikirim tanpa disertakan hasil cetak
Kartu/Tanda Bukti Pendaftaran CPNS Tahun 2013 dan Nomor
Registrasi dinyatakan gugur, dan sebaliknya hasil cetak Kartu/Tanda
Bukti Pendaftaran CPNS Tahun 2013 dan Nomor Registrasi yang
dikirimkan tanpa disertai Berkas Administrasi Lamaran juga dinyatakan
gugur.
8. Pelamar yang tidak mencantumkan kualifikasi pendidikan, jabatan yang
dilamar, unit kerja yang dilamar, nama pelamar dan alamat tempat
tinggal, dinyatakan gugur dalam Seleksi Administrasi.
9. Pengiriman berkas administrasi.
a. Untuk pelamar formasi Kantor Pusat Badan SAR Nasional yang
meliputi unit kerja Biro Perencanaan dan KTLN, Biro Umum, Pusat
Data dan Informasi, Direktorat Sarana dan Prasarana, Direktorat Bina
Ketenagaan dan Pemasyarakatan SAR, Direktorat Operasi dan
Latihan, Direktorat Komunikasi dan Balai Diklat, berkas administrasi
dikirimkan ke Kantor Pusat Badan SAR Nasional melalui PO. BOX
1374 JKP 10013.
b. Untuk pelamar formasi pada Kantor SAR, berkas administrasi
dikirimkan ke:
1) Kantor SAR Kelas A Jakarta melalui PO. BOX 1110 BUSH.
2) Kantor SAR Kelas A Padang melalui PO. BOX 398 Padang
25000.
3) Kantor SAR Kelas A Lampung melalui PO. BOX 1223 Lampung.
4) Kantor SAR Kelas A Manado melalui Pos SAR Amurang Tromol
Pos 01, kode pos 95354.
5) Kantor SAR Kelas B Bandung melalui PO. BOX No. 5 Ujung
Berung 40600.
6) Kantor SAR Kelas B Pangkal Pinang melalui PO. BOX 206
Pangkal Pinang 33100.
7) Kantor SAR Kelas B Jambi melalui PO. BOX 84 Jambi 36001.
Kantor SAR Kelas B Bengkulu melalui PO. BOX 375 Bengkulu.
9) Kantor SAR Kelas B Palu melalui PO. BOX 1222 Palu 94234.
10) Kantor SAR Kelas B Gorontalo melalui PO. BOX 307 Gorontalo
96112.
11) Kantor SAR Kelas B Ternate melalui PO. BOX 115 Ternate
97700.
12) Kantor SAR Kelas B Manokwari melalui PO. BOX 105
Manokwari.
10. Kelengkapan berkas administrasi tersebut paling lambat diterima oleh
Panitia Pengadaan CPNS Badan SAR Nasional Tahun Anggaran 2013
pada tanggal 27 September 2013 pukul 16.00 waktu setempat (stempel
POS).
V. TAHAPAN DAN PELAKSANAAN
SELEKSI
1. Seleksi pengadaaan CPNS Basarnas dilakukan
melalui tahapan:
a. Seleksi Administrasi.
b. Seleksi Tertulis.
c. Khusus pelamar sebagai Rescuer, selain wajib memenuhi syarat
administrasi juga wajib memenuhi persyaratan fisik dan kesehatan
dasar yang dilaksanakan melalui pengujian dengan sistem gugur.
2. Bagi pelamar sebagai Rescuer yang memenuhi syarat administrasi akan
dipanggil untuk mengikuti seleksi fisik dan kesehatan dasar. Pemanggilan
akan diumumkan pada tanggal 6 Oktober 2013 melalui website Basarnas
(www.basarnas.go.id).
3. Pelamar sebagai Rescuer yang dipanggil untuk mengikuti seleksi fisik dan
kesehatan dasar wajib melapor pada masing-masing Kantor SAR tempat
mendaftar pada tanggal 6 s.d. 7 Oktober 2013 dengan membawa identitas
diri (KTP/ SIM/ Paspor atau sejenisnya yang masih berlaku) untuk
dicocokkan dengan data on line.
4. Seleksi Fisik dan Kesehatan Dasar bagi pelamar sebagai Rescuer
dilakukan pada masing-masing Kantor SAR tempat mendaftar pada
tanggal 8 s.d. 15 Oktober 2013.
5. Pelaksanaan seleksi fisik dan kesehatan dasar meliputi:
a. Pemeriksaan Kesamaptaan, yang terdiri dari :
1) pengukuran tinggi badan dan penimbangan berat badan;
2) pemeriksaan postur tubuh, mencakup kepala/muka termasuk
panca indera, bahu, tulang belakang/punggung, dada, perut,
panggul, lengan, tangan dan jari, tungkai bawah dan telapak
kaki dan jari;
3) pengamatan tipe tubuh, sikap dan gerak tubuh.
b. Pemeriksaan Kesehatan Dasar :
meliputi kesehatan jantung, mata/penglihatan, paru-paru.
c. Seleksi Kesegaran Jasmani, yang terdiri dari :
1) kemampuan lari dalam waktu 12 menit;
2) kemampuan pull up dalam waktu 1 menit;
3) kemampuan push up dalam waktu 1 menit;
4) kemampuan sit up dalam waktu 1 menit;
5) kemampuan shuttle run sebanyak 3 kali dengan jarak 10 meter.
d. Seleksi Ketangkasan :
kemampuan renang minimum 25 meter;
e. Tes Phobia : Phobia ketinggian.
6. Pelamar sebagai Rescuer yang memenuhi persyaratan administrasi dan
dinyatakan lulus seleksi fisik dan kesehatan dasar akan mendapatkan
Kartu Tanda Peserta Seleksi Tertulis untuk mengikuti Tes Kompetensi
Dasar (TKD).
7. Pelamar selain sebagai Rescuer yang memenuhi persyaratan administrasi
akan mendapatkan Kartu Tanda Peserta Seleksi Tertulis untuk mengikuti
Tes Kompetensi Dasar (TKD).
8. Nama calon peserta seleksi Tes Kompetensi Dasar dan lokasi
pengambilan Kartu Tanda Peserta Seleksi Tertulis akan diumumkan pada
tanggal 17 Oktober 2013 melalui website Basarnas (www.basarnas.go.id).
9. Pelamar yang akan mengikuti Tes Kompetensi Dasar akan diberikan
Tanda Peserta Seleksi Tertulis yang dapat diambil pada lokasi yang
dilamar pada tanggal 20 s.d. 23 Oktober 2013 dengan membawa identitas
diri yang berlaku (KTP/ SIM/ Paspor atau sejenisnya yang masih berlaku),
fotokopi hasil cetak Kartu/ Tanda Bukti Pendaftaran CPNS Tahun 2013
dan Nomor Registrasi, dan pasfoto berwarna ukuran 3×4 cm sebanyak 1
lembar untuk ditempelkan pada Tanda Peserta Seleksi Tertulis.
10. Seleksi Tertulis berupa Tes Kompetensi Dasar (TKD) meliputi materi :
a. Tes Wawasan Kebangsaan, meliputi: Pancasila, UUD 1945, Bhineka
Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
b. Tes Intelegensi Umum, meliputi: kemampuan verbal, kemampuan
numerik, kemampuan berpikir logis, kemampuan berpikir analitis.
c. Tes Karateristik Pribadi, meliputi: integritas diri, semangat
berprestasi, orientasi pada pelayanan, kemampuan beradaptasi,
kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan
tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, kemampuan
bekerja sama dalam kelompok, kemampuan menggerakkan dan
mengkoordinir orang lain, orientasi kepada orang lain, dan kreativitas
dan inovasi.
11. Tes Kompetensi Dasar (TKD) akan dilaksanakan secara serentak pada
masing-masing lokasi yang telah ditentukan pada hari Minggu tanggal 3
November 2013, pada pukul:
a. Pukul 08.30 WIB bagi yang berada di zona waktu Indonesia Bagian
Barat;
b. Pukul 09.30 WITA bagi yang berada di zona waktu Indonesia Bagian
Tengah; dan
c. Pukul 10.30 WIT bagi yang berada di zona waktu Indonesia Bagian
Timur.
a. Seleksi Administrasi.
b. Seleksi Tertulis.
c. Khusus pelamar sebagai Rescuer, selain wajib memenuhi syarat
administrasi juga wajib memenuhi persyaratan fisik dan kesehatan
dasar yang dilaksanakan melalui pengujian dengan sistem gugur.
2. Bagi pelamar sebagai Rescuer yang memenuhi syarat administrasi akan
dipanggil untuk mengikuti seleksi fisik dan kesehatan dasar. Pemanggilan
akan diumumkan pada tanggal 6 Oktober 2013 melalui website Basarnas
(www.basarnas.go.id).
3. Pelamar sebagai Rescuer yang dipanggil untuk mengikuti seleksi fisik dan
kesehatan dasar wajib melapor pada masing-masing Kantor SAR tempat
mendaftar pada tanggal 6 s.d. 7 Oktober 2013 dengan membawa identitas
diri (KTP/ SIM/ Paspor atau sejenisnya yang masih berlaku) untuk
dicocokkan dengan data on line.
4. Seleksi Fisik dan Kesehatan Dasar bagi pelamar sebagai Rescuer
dilakukan pada masing-masing Kantor SAR tempat mendaftar pada
tanggal 8 s.d. 15 Oktober 2013.
5. Pelaksanaan seleksi fisik dan kesehatan dasar meliputi:
a. Pemeriksaan Kesamaptaan, yang terdiri dari :
1) pengukuran tinggi badan dan penimbangan berat badan;
2) pemeriksaan postur tubuh, mencakup kepala/muka termasuk
panca indera, bahu, tulang belakang/punggung, dada, perut,
panggul, lengan, tangan dan jari, tungkai bawah dan telapak
kaki dan jari;
3) pengamatan tipe tubuh, sikap dan gerak tubuh.
b. Pemeriksaan Kesehatan Dasar :
meliputi kesehatan jantung, mata/penglihatan, paru-paru.
c. Seleksi Kesegaran Jasmani, yang terdiri dari :
1) kemampuan lari dalam waktu 12 menit;
2) kemampuan pull up dalam waktu 1 menit;
3) kemampuan push up dalam waktu 1 menit;
4) kemampuan sit up dalam waktu 1 menit;
5) kemampuan shuttle run sebanyak 3 kali dengan jarak 10 meter.
d. Seleksi Ketangkasan :
kemampuan renang minimum 25 meter;
e. Tes Phobia : Phobia ketinggian.
6. Pelamar sebagai Rescuer yang memenuhi persyaratan administrasi dan
dinyatakan lulus seleksi fisik dan kesehatan dasar akan mendapatkan
Kartu Tanda Peserta Seleksi Tertulis untuk mengikuti Tes Kompetensi
Dasar (TKD).
7. Pelamar selain sebagai Rescuer yang memenuhi persyaratan administrasi
akan mendapatkan Kartu Tanda Peserta Seleksi Tertulis untuk mengikuti
Tes Kompetensi Dasar (TKD).
8. Nama calon peserta seleksi Tes Kompetensi Dasar dan lokasi
pengambilan Kartu Tanda Peserta Seleksi Tertulis akan diumumkan pada
tanggal 17 Oktober 2013 melalui website Basarnas (www.basarnas.go.id).
9. Pelamar yang akan mengikuti Tes Kompetensi Dasar akan diberikan
Tanda Peserta Seleksi Tertulis yang dapat diambil pada lokasi yang
dilamar pada tanggal 20 s.d. 23 Oktober 2013 dengan membawa identitas
diri yang berlaku (KTP/ SIM/ Paspor atau sejenisnya yang masih berlaku),
fotokopi hasil cetak Kartu/ Tanda Bukti Pendaftaran CPNS Tahun 2013
dan Nomor Registrasi, dan pasfoto berwarna ukuran 3×4 cm sebanyak 1
lembar untuk ditempelkan pada Tanda Peserta Seleksi Tertulis.
10. Seleksi Tertulis berupa Tes Kompetensi Dasar (TKD) meliputi materi :
a. Tes Wawasan Kebangsaan, meliputi: Pancasila, UUD 1945, Bhineka
Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
b. Tes Intelegensi Umum, meliputi: kemampuan verbal, kemampuan
numerik, kemampuan berpikir logis, kemampuan berpikir analitis.
c. Tes Karateristik Pribadi, meliputi: integritas diri, semangat
berprestasi, orientasi pada pelayanan, kemampuan beradaptasi,
kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan
tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, kemampuan
bekerja sama dalam kelompok, kemampuan menggerakkan dan
mengkoordinir orang lain, orientasi kepada orang lain, dan kreativitas
dan inovasi.
11. Tes Kompetensi Dasar (TKD) akan dilaksanakan secara serentak pada
masing-masing lokasi yang telah ditentukan pada hari Minggu tanggal 3
November 2013, pada pukul:
a. Pukul 08.30 WIB bagi yang berada di zona waktu Indonesia Bagian
Barat;
b. Pukul 09.30 WITA bagi yang berada di zona waktu Indonesia Bagian
Tengah; dan
c. Pukul 10.30 WIT bagi yang berada di zona waktu Indonesia Bagian
Timur.
VI. PENGUMUMAN AKHIR PELAMAR S1, DIII, SMK/SLTA
YANG
DINYATAKAN LULUS DAN DITERIMA SEBAGAI CPNS BADAN SAR
NASIONAL DIRENCANAKAN AKAN DILAKSANAKAN PADA MINGGU KE
IV NOVEMBER 2013 SAMPAI DENGAN MINGGU I DESEMBER 2013
MELALUI WEBSITE BADAN SAR NASIONAL (www.basarnas.go.id).
DINYATAKAN LULUS DAN DITERIMA SEBAGAI CPNS BADAN SAR
NASIONAL DIRENCANAKAN AKAN DILAKSANAKAN PADA MINGGU KE
IV NOVEMBER 2013 SAMPAI DENGAN MINGGU I DESEMBER 2013
MELALUI WEBSITE BADAN SAR NASIONAL (www.basarnas.go.id).
VII. KETENTUAN LAIN-LAIN
1. Surat Lamaran yang dikirim kepada Panitia
Pengadaan CPNS di
lingkungan Badan SAR Nasional Tahun Anggaran 2013 sebelum adanya
pengumuman ini atau yang melampaui batas waktu yang ditetapkan
dalam pengumuman ini, dinyatakan dan dianggap tidak berlaku.
2. Panitia tidak melayani lamaran yang diserahkan secara langsung selain
melalui PO BOX yang telah ditentukan.
3. Dalam seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Badan SAR
Nasional Tahun Anggaran 2013, pelamar tidak dipungut biaya apapun.
4. Panitia tidak bertanggung jawab terhadap segala pungutan yang
dibebankan kepada para pelamar oleh oknum-oknum yang
mengatasnamakan Panitia Pengadaan CPNS di lingkungan Badan SAR
Nasional Tahun Anggaran 2013 atau Badan SAR Nasional.
5. Bagi pelamar yang dinyatakan lulus hingga tahapan terakhir seleksi atau
yang pemberkasannya telah diproses untuk penetapan NIP di BKN, atau
telah menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil Badan SAR Nasional namun
mengundurkan diri diwajibkan mengganti biaya yang telah dikeluarkan
oleh Badan SAR Nasional sebesar Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta
rupiah) secara tunai, untuk disetorkan ke Kas Negara.
6. Pelamar diwajibkan proaktif untuk memantau informasi lanjutan
mengenai penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan
Badan SAR Nasional Tahun Anggaran 2013, melalui informasi resmi
yaitu website Badan SAR Nasional dengan alamat
www.basarnas.go.id sehingga apabila terjadi kelalaian pelamar yang
tidak mengikuti perkembangan pelaksanaan penerimaan Calon Pegawai
Negeri Sipil di lingkungan Badan SAR Nasional Tahun Anggaran 2013,
maka menjadi tanggung jawab pelamar dan Panitia Pengadaan CPNS di
lingkungan Badan SAR Nasional Tahun Anggaran 2013 tidak
bertanggungjawab atas kelalaian pelamar dimaksud.
7. Keputusan Panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
8. Apabila pelamar memberikan keterangan/data yang tidak benar, dan di
kemudian hari diketahui, maka Badan SAR Nasional berhak
menggugurkan kelulusan baik pada setiap tahapan tes maupun setelah
diangkat menjadi CPNS/PNS Badan SAR Nasional.
9. Panitia tidak melayani pelamar baik secara langsung maupun telepon
ataupun melalui surat menyurat di luar melalui PO. BOX yang telah
ditentukan.
lingkungan Badan SAR Nasional Tahun Anggaran 2013 sebelum adanya
pengumuman ini atau yang melampaui batas waktu yang ditetapkan
dalam pengumuman ini, dinyatakan dan dianggap tidak berlaku.
2. Panitia tidak melayani lamaran yang diserahkan secara langsung selain
melalui PO BOX yang telah ditentukan.
3. Dalam seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Badan SAR
Nasional Tahun Anggaran 2013, pelamar tidak dipungut biaya apapun.
4. Panitia tidak bertanggung jawab terhadap segala pungutan yang
dibebankan kepada para pelamar oleh oknum-oknum yang
mengatasnamakan Panitia Pengadaan CPNS di lingkungan Badan SAR
Nasional Tahun Anggaran 2013 atau Badan SAR Nasional.
5. Bagi pelamar yang dinyatakan lulus hingga tahapan terakhir seleksi atau
yang pemberkasannya telah diproses untuk penetapan NIP di BKN, atau
telah menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil Badan SAR Nasional namun
mengundurkan diri diwajibkan mengganti biaya yang telah dikeluarkan
oleh Badan SAR Nasional sebesar Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta
rupiah) secara tunai, untuk disetorkan ke Kas Negara.
6. Pelamar diwajibkan proaktif untuk memantau informasi lanjutan
mengenai penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan
Badan SAR Nasional Tahun Anggaran 2013, melalui informasi resmi
yaitu website Badan SAR Nasional dengan alamat
www.basarnas.go.id sehingga apabila terjadi kelalaian pelamar yang
tidak mengikuti perkembangan pelaksanaan penerimaan Calon Pegawai
Negeri Sipil di lingkungan Badan SAR Nasional Tahun Anggaran 2013,
maka menjadi tanggung jawab pelamar dan Panitia Pengadaan CPNS di
lingkungan Badan SAR Nasional Tahun Anggaran 2013 tidak
bertanggungjawab atas kelalaian pelamar dimaksud.
7. Keputusan Panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
8. Apabila pelamar memberikan keterangan/data yang tidak benar, dan di
kemudian hari diketahui, maka Badan SAR Nasional berhak
menggugurkan kelulusan baik pada setiap tahapan tes maupun setelah
diangkat menjadi CPNS/PNS Badan SAR Nasional.
9. Panitia tidak melayani pelamar baik secara langsung maupun telepon
ataupun melalui surat menyurat di luar melalui PO. BOX yang telah
ditentukan.
Bagi anda yang tertarik dan memenuhi
kualifikasi dengan lowongan kerja CPNS BASARNAS diatas, segera
daftarkan diri anda secara online melalui tautan dibawah ini mulai tanggal 13 - 27
September 2013 .
Persiapkan diri anda untuk
menjadi yang terpilih dan semoga berhasil....
Note: Ketik:
BADAN SAR NASIONAL pada kolom Instansi Pemerintah (K/L/D/I)*