ADS
Dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan dana bergulir,
Kementerian Koperasi dan UKM membentuk Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro,
Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) yang bertugas melaksanakan
pengelolaan dana bergulir untuk pembiayaan KUMKM antara lain berupa pinjaman
dan bentuk pembiayaan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan KUMKM, dimana
ketentuan mengenai kriteria KUMKM di tetapkan oleh LPDB-KUMKM. Sebelum
dibentuknya LPDB-KUMKM, pengelolaan Dana Bergulir untuk Koperasi dan UMKM
dilaksanakan oleh Deputi-deputi lingkungan Kementerian Koperasi dan UKM.
LPDB-KUMKM dibentuk dengan Surat Keputusan Menteri Negara Koperasi dan UKM
Republik Indonesia Nomor 19.4/Per/M.KUMKM/VIII/2006 tanggal 18 Agustus 2006
sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Negara Koperasi dan UKM
Republik Indonesia Nomor 11/Per/M.KUKM/VI/2008 tanggal 26 Juni 2008 tentang
Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha
Mikro, Kecil dan Menegah. Sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor
KEP-292/MK.5/2006 Tanggal 28 Desember 2006 LPDB-KUMKM ditetapkan sebagai
instasi pemerintah yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum
(PPK-BLU). Dengan dibentuknya LPDB-KUMKM diharapkan pengelolaan dana bergulir
dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya untuk mencapai tujuan dan menghasilkan
manfaat berkelanjutan atas penyaluran dana bergulir kepada Koperasi dan UMKM. Saat ini Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) sedang membuka lowongan kerja terbaru kementrian umkm 2017 , Adapun
detail lowongan kerja di Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) yang bisa dilamar
oleh mereka yang tertarik ingin bergabung dengan persyaratan dan tata
cara sebagai berikut :
- Staf Monitoring dan Evaluasi
- Staf Pengkajian dan Pengembangan
- Staf Analisa Risiko I
- Staf Custodian
- Staf Humas
- Staf Bisnis
- Staf Pembiayaan Syariah
- Staf Sekretariat
- Staf Satuan Pemeriksaan Intern
- Sekretaris Direksi
- Staf Analisa Risiko II
- Staf Penanganan Piutang Bermasalah
- Staf Layanan Teknologi Informasi
- Technical Support
- Programmer Helpdesk
- Staf Pengendalian Anggaran
- Staf Akuntansi dan Pelaporan
- Staf Rencana Program
- Staf Analisis Data dan Informasi
- Staf Sumber Daya Manusia
- Staf Rumah Tangga
- Staf Hukum
Staf Monitoring dan Evaluasi
Persyaratan Khusus :- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang ekonomi atau teknik;
- Memiliki kemampuan dalam menyusun dan mengambil tindakan yang berkaitan dengan pengawasan, monitoring dan evaluasi.
- Memahami konsep Risk Management dan penerapannya; dan
- Memiliki kemampuan dalam analisis data.
Staf Pengkajian dan Pengembangan
Persyaratan Khusus :- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang ekonomi atau statistika; dan
- Memiliki kemampuan dalam melakukan penelitian, pengkajian dan pengembangan khususnya di bidang KUMKM.
Staf Analisa Risiko I
Persyaratan Khusus :- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang ekonomi;
- Memahami konsep Risk Management dan penerapannya; dan
- Memiliki pemahaman mengenai aspek-aspek keuangan konvensional.
Staf Custodian
Persyaratan Khusus :- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang hukum, administrasi negara atau kearsipan; dan
- Memiliki pengetahuan dalam pengarsipan.
Staf Humas
Persyaratan Khusus :- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan Ilmu Jurnalistik atau Ilmu Komunikasi;
- Memiliki kemampuan bahasa inggris yang sangat baik (lisan dan tulisan);
- Menguasai ejaan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia);
- Memahami kaedah kebahasaan (pengalimatan, EYD,diksi, dan bacaan); dan
- Diutamakan berpengalaman minimal 2 tahun di bidang Jurnalistik.
Staf Bisnis
Persyaratan Khusus :- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang ekonomi atau teknik;
- Memahami konsep dan mekanisme dalam penyaluran dana kredit serta pinjaman; dan
- Mampu bekerja dalam tim maupun bekerja dengan target individual.
Staf Pembiayaan Syariah
Persyaratan Khusus :- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang ekonomi, ekonomi syariah atau teknik;
- Memahami konsep dan mekanisme dalam penyaluran pembiayaan sesuai prinsip syariah; dan
- Mampu bekerja dalam tim maupun bekerja dengan target individual.
Staf Sekretariat
Persyaratan Khusus :- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang administrasi publik; dan
- Memiliki kemampuan dalam korespondensi.
Staf Satuan Pemeriksaan Intern
Persyaratan Khusus :- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang ekonomi;
- Memiliki kemampuan dan skill dalam proses audit;
- Memahami implementasi akuntansi forensik; dan
- Memahami System Computer Audit Software (CAS) atau Generalized Audit Software (GAS); dan
- Memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam bidang peraturan akuntansi dan perpajakan.
Sekretaris Direksi
Persyaratan Khusus :- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang sekretaris;
- Berpengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun sebagai sekretaris;
- Memiliki kemampuan yang baik dalam komunikasi, korespondensi, dan filling;
- Memiliki integritas, jujur dan dedikasi tinggi;
- Diutamakan mampu berbahasa Inggris (lisan/tulisan);
- Memiliki kemampuan dalam mengoperasikan aplikasi komputer minimal MS Windows; dan
- Inovatif dan kreatif.
Staf Analisa Risiko II
Persyaratan Khusus :- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang ekonomi, ekonomi syariah;
- Memahami konsep Risk Management dan penerapannya; dan
- Memiliki pemahaman mengenai aspek-aspek keuangan konvensional dan aspek-aspek keuangan syariah.
Staf Penanganan Piutang Bermasalah
Persyaratan Khusus :- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang ekonomi atau statistik atau hukum; dan
- Memiliki kemampuan dalam menangani, mengevaluasi terkait piutang bermasalah.
Staf Layanan Teknologi Informasi
Technical Support
Persyaratan Khusus :- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang teknologi informasi/sistem informasi
- Pengalaman minimal 2 tahun sebagai technical support.
- Mengerti konsep portokol TCP/IP, UDP, dll.
- Memiliki integritas, jujur dan dedikasi tinggi.
- Mengerti instalasi, konfigurasi, perbaikan dan pemeliharaan operating system Windows client (Win 7, Win 8, Win 10).
- Mengerti aplikasi-aplikasi pendukung pekerjaan (MS Office, Adobe, dll)
- Mengerti aplikasi-aplikasi anti virus.
- Mengerti konsep keamanan jaringan dan atau server.
- Menguasai perangkat router (Mikrotik, Cisco dan PC router).
- Lebih diutamakan memiliki sertifikasi CCNA/MCP.
Programmer Helpdesk
Persyaratan Khusus :- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang teknologi informasi/sistem informasi.
- Pengalaman minimal 2 tahun sebagai programmer.
- Memiliki integritas, jujur, dan dedikasi tinggi.
- Menguasai Bahasa pemrogramman desktop maupun web
- ( PHP/JavaEE/VB.Net/Delphi/Java ME/React/Mobile Android/Mobile IOS/dll)
- Mengerti dan menguasai database (MySQL/PostgreSQL/Oracle)
- Megerti dan terbiasa menggunakan framework dalam mengembangkan aplikasi web base (CI/Yii/Zend/dll).
- Mengerti konsep OOP/UML/Scrum.
- Memiliki portofolio aplikasi dan mampu menunjukan serta menjelaskan.
- Memiliki sertifikasi berkaitan dengan pemrogramman lebih diutamakan.
Staf Pengendalian Anggaran
Persyaratan Khusus :- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang ekonomi;
- Memiliki kemampuan perencanaan keuangan; dan
- Memiliki pemahaman yang baik terkait ketentuan pajak (diutamakan bersertifikat Brevet A dan B).
Staf Akuntansi dan Pelaporan
Persyaratan Khusus:- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang ekonomi;
- Memiliki kemampuan dalam perencanaan keuangan; dan
- Memiliki pemahaman yang baik terkait ketentuan pajak (diutamakan bersertifikat Brevet A dan B).
Staf Rencana Program
Persyaratan Khusus :- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang ekonomi atau teknik;
- Mempunyai kemampuan dan pemahaman mengenai perencanaan yang berorientasi bisnis;
- Mempunyai pengetahuan di bidang perencanaan dan memahami salah satu metode perencanaan; dan
- Diutamakan mempunyai pemahaman mengenai Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) dan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-KL).
Staf Analisis Data dan Informasi
Persyaratan Khusus :- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang ekonomi atau statistika; dan
- Memiliki kemampuan dalam analisa data.
Staf Sumber Daya Manusia
Persyaratan Khusus :- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang ekonomi atau psikologi;
- Memahami penyusunan KPI;
- Memahami proses analisa jabatan, evaluasi jabatan, dan job grading;
- Memahami proses analisa beban kerja;
- Menguasai sistem dan proses kompensasi dan benefit;
- Menguasai perhitungan PPh pasal 21 (diutamakan memiliki sertifikat Brevet A & B); dan
- Berpengalaman dalam rekrutmen, pelatihan dan pengembangan pegawai.
Staf Rumah Tangga
Persyaratan Khusus :- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang ekonomi atau administrasi; dan
- Memiliki kemampuan pengelolaan inventaris kantor.
Staf Hukum I
Persyaratan Khusus :- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang hukum; dan
- Memiliki pemahaman tentang hukum bisnis dan penerapannya.
Staf Hukum II
Persyaratan Khusus :- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang hukum; dan
- Memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam menganalisa suatu persoalan/kasus hukum.
Staf Hukum III
Persyaratan Khusus :- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang hukum; dan
- Memiliki pemahaman tentang hukum pembiayaan syariah dan penerapannya; dan
- Memiliki pemahaman tentang hukum bisnis dan penerapannya.
Persyaratan Umum:
- Minimal S1;
- Berpengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun bagi calon yang direkrut dari eksternal LPDB-KUMKM;
- Memiliki integritas, jujur, dan dedikasi tinggi;
- Sehat jasmani dan rohani
- Diutamakan mampu berbahasa Inggris (lisan/tulisan);
- Memiliki kemampuan dalam mengoperasikan aplikasi komputer minimal MS Windows;
- Inovatif dan kreatif;
- Usia maksimal 30 tahun; dan
- IPK minimal 2,75 untuk Perguruan Tinggi Negeri dan 3,00 untuk Perguruan Tinggi Swasta (Skala 4.00).
Bagi
anda yang tertarik dan memenuhi kualifikasi dengan Lowongan Kerja Terbaru Staf Non PNS Kementrian UMKM Untuk S1 Semua Jurusan diatas, silahkan segera kirimkan
aplikasi lamaran dan CV serta kelengkapan berkas terbaru lainnya
lengkap melalui alamat berikut :
Catatan
:
*
Hanya kandidat dengan kualifikasi terbaik yang akan dipanggil untuk mengikuti
tahapan tes berikutnya.
Lowongan
kerja ini akan berkhir pada tanggal 3 Desember 2017. Jadi persiapkan
diri anda untuk menjadi yang terpilih dan semoga berhasil...