Tips Lulus CPNS 2015 Dari Humas KEMENPAN | Informasi Lowongan Kerja Terbaru

Tips Lulus CPNS 2015 Dari Humas KEMENPAN

,
ADS
Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mauapun Pemerintah Daerah kembali berniat akan membuka lowongan calon pegawai negeri sipil tahun 2015 ini. Pekerjaan sebagai PNS masih menjadi magnet yang kuat bagi para pencari kerja di Indonesia. Terbukti dari keterangan Humas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Hermawan Suryatman mengatakan, minat masyarakat mendaftar Pegawai Negeri Sipil (PNS) semakin meningkat setiap tahunnya. Ia mengungkapkan pada 2014 ada sekitar 2,6 juta pendaftar dan yang berhasil lolos seleksi hanya sekitar 60.000 orang. “Pendaftar semakin meningkat karena profesi ini semakin dipercaya masyarakat. Lebih transparan, obyektif, adil dan tidak ada kecurangan,” demikian kata Hermawan kepada wartawan, Kamis (11/6). Semenjak 2008, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi menggunakan tes berbasis komputer. Bagi, mantan Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pemuda Olahraga itu, hal ini sebagai upaya menghilangkan kecurangan seperti sogok dan nepotisme.

Menurutnya, tingkat kepercayaan pada profesi PNS terlihat dari keluarga pejabat dan politisi mendaftar lowongan CPNS. Seperti putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayung (23) mengikuti ujian penerimaan calon pegawai negeri sipil di gedung Badan Koordinasi Wilayah Surakarta pada 23 Oktober 2014 lalu. Apabila Anda berminat menjadi PNS, Herman tak segan-segan memberikan tips lolos menjadi pegawai negeri. Anda mesti mempersiapkan diri untuk bersaing dengan ribuan bahkan puluhan ribu pendaftar dari seluruh Indonesia agar berhasil.

Pertama, mencari keterangan sebanyak-banyaknya terkait proses pendaftaran CPNS. Kini, pendaftaran dilakukan secara online sehingga Anda dapat mencari informasi ke setiap institusi pemerintah yang menyediakan situs resmi terkait pendaftaran. Website Pendaftaran CPNS

Kedua, Anda perlu mempersiapkan diri, dengan mengetahui seluruh prasyarat yang dibutuhkan melamar CPNS secara teliti. Di antara foto kopi ijazah pendidikan terakhir, transkip nilai, foto kopi KTP dan lainnya. “Teliti dalam administrasi, dalam menyiapkan berkas dan mendaftar online. Anda mempersiapkan harus seksama dan jangan main-main. Banyak orang yang salah entri online sehingga harus gagal sebelum tes,” katanya lebih lanjut.  



Tips yang Ketiga, belajar tekun. Anda mesti tekun berlatih mengerjakan soal CPNS yang biasanya mengandung tiga komponen penting yang mesti benar-benar dikuasai. Seperti tes kepribadian, intelegensi dan wawasan kebangsaan. Selain itu, mendalami pengetahuan umum. Untuk bahan latihan mengerjakan soal CAT CPNS, Anda bisa mempelajari soal soal CPNS tahun lalu atau prediksinya. 

“Ada simulasi soal verbal yang disediakan di web kita, berisi wawasan kebangsaan, karakteristik pribadi dan intelegensi umum. Kita menyediakan soal yang berstandar perguruan tinggi dan dibuat oleh Kemenristek Dikti,” ungkap Herman. Penerimaan CPNS 2015 masih menggunakan sistem Computer Assisted Tes (CAT) diseluruh instansi. Semoga informasi tentang Tips Lulus CPNS 2015 Dari Humas KEMENPAN ini dapat bermanfaat, jadi persiapkan diri anda agar menjadi yang terpilih dan semoga berhasil...
LOKER Terbaru