ADS
Kementerian Keuangan Republik Indonesia merupakan lembaga pemerintahan Indonesia yang dikepalai oleh Muhammad Chatib Basri sebagai Menteri yang menjabat sampai saat ini. Menteri Negara ini dalam menjalankan tugas langsung bertanggung jawab kepada Presiden sebagaimana yang tercantum dalam pasal perundang-undangan. Kemenkeu diberi mandat dalam menjaga stabilitas keuangan supaya terus stabil utamanya dalam menghadapi perdagangan global seperti saat ini serta mampu menciptakan kondisi yang kondusif dalam penyediaan lapangan pekerjaan misalnya perencanaan kebijakan fiskal sampai dengan pengadaan CPNS bagi putra dan putri Indonesia. Kemenkeu juga mengatur dan mengeluarkan kebijakan anggaran pendapatan belanja negara (APBN) baik untuk pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.
Saat ini Kementerian Keuangan membuka kesempatan bagi Warga Negara Republik Indonesia yang berminat menjadi CPNS di lingkungan Kementerian Keuangan, dengan ketentuan sebagai berikut:
Formasi Untuk CPNS
Kementrian Keuangan Dengan Jumlah Lowongan CPNS 9000 Lowongan selengkapnya
: Lihat Disini
Persyaratan :
- Warga Negara Indonesia;
- Tidak mengalami ketergantungan
terhadap narkotika/sejenisnya;
- Tidak pernah dihukum penjara
atau kurungan berdasarkan putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan
hukum yang tetap,
- karena melakukan suatu tindak
pidana kejahatan;
- Tidak pernah diberhentikan
dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat
sebagai CPNS/PNS,
- anggota TNI/POLRI,pegawai
BUMN/BUMD atau atau tidak pernah diberhentikan karena pelanggaran/hukuman
bagi pegawai swasta;
- Tidak berkedudukan sebagai
Calon Pegawai Negeri atau Pegawai Negeri;
- Bersedia ditempatkan di seluruh
wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau Negara lain yang
ditentukan oleh pemerintah;
- Pelamar merupakan lulusan :
- Sarjana (dengan IPK Minimal
2,75(dua koma tujuh lima dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari
skala 4;
- Diploma Pelayaran (dengan IPK
minimal 2,50 (dua koma lima nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan)
dari skala 4;
- Diploma Umum (dengan IPK
minimal 2,75(dua koma tujuh lima dan nilai tersebut bukan hasil
pembulatan) dari skala 4;
- SMK Pelayaran (dengan nilai
rata-rata "Ujian Tertulis" pada ijazah tidak kurang dari 6,5-
(enam koma lima nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan);
- SMK Umum (dengan nilai
rata-rata "Ujian Tertulis" pada ijazah tidak tidak kurang
dari 7,00 (tujuh koma nol nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan.
- 8.Usia berdasarkan tanggal
lahir yang tercantum dalam ijazah pada 24 Agustus 2014:
- Minimal 18 tahun dan maksimal
28 tahun untuk Sarjana;
- Minimal 18 tahun dan maksimal
35 tahun untuk Diploma Pelayaran;
- Minimal 18 tahun dan maksimal
23 tahun untuk Diploma Umum;
- Minimal 18 tahun dan maksimal
26 tahun untuk SMK Pelayaran. Bagi yang memiliki
- sertifikat ANT/ATT-IV dapat
mendaftar dengan usia maksimal 30 tahun.
- Minimal 18 tahun dan maksimal
20 tahun untuk SMK Umum.
- Wajib memiliki sertifikat
ANT-III untuk DIII Pelayaran (Nautika) dan ATT-III untuk DIII Pelayaran
(Teknika);
- Khusus Jabatan Mualim, Juru
Motor, Juru Mudi, Juru Minyak dan Kelasi Kapal memiliki persyaratan
tambahan sebagai berikut:
- Laki-laki;
- Tinggi badan minimal 155 cm;
- Tidak buta warna dan tidak
cacat badan.
Tatacara
Pendaftaran :
- Masuk ke : http://regpanselnas.menpan.go.id untuk
melakukan pendaftaran dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK),
tanggal lahir, instansi yang dipilih dan e-mail.
- Log in ke http://sscn.bkn.go.id dengan mengisi username
& password yang sudah dikirim via e-mail.
- Klik DAFTAR untuk mengisi
formulir pendaftaran.
- Isi formulir registrasi yang
muncul.
- Pastikan isian data pribadi
pada form registrasi sesuai dengan KTP.
- Pastikan isian jabatan sesuai
dengan kualifikasi pendidikan.
- Klik check box mengenai
kebenaran data yang telah dimasukkan
- Masukkan kode captcha yang
tertera.
- Klik tombol Daftar untuk
memproses pendaftaran dan mendapatkan nomor registrasi.
- Cetak tanda bukti pendaftaran.
- Tanda bukti pendaftaran berupa
file dalam format PDF yang dapat disimpan di flashdisk dan dapat dicetak
ditempat lain.
- Tanda bukti pendaftaran yang
sudah dicetak agar dibawa pada saat verifikasi dokumen lamaran di panitia
penerimaan CPNS masing-masing instansi.
- Melakukan verifikasi
dokumen
- Verifikasi dokumen
dilakukan oleh Panitia Penerimaan CPNS yang
ada pada masing-masing instansi yang dilamar.
- Instansi menentukan
apakah dokumen lamaran dibawa oleh pelamar yang bersangkutan atau dikirim
melalui Pos Indonesia.
- Verifikasi dokumen tersebut
untuk memastikan kesesuaian data pelamar pada isian formulir pendaftaran
dan pilihan formasi serta pendidikan apakah telah terisi dengan data yang
benar.
- Mengikuti ujian seleksi pada
waktu yang telah ditentukan.
- Setelah mengikuti ujian seleksi masuk, Anda dapat melihat hasil seleksi pada tanggal pengumuman.
Bagi anda yang tertarik
dengan Penerimaan CPNS Kementrian Keuangan Republik Indonesia diatas silahkan
segera kirimkan berkas lamaran dan CV beserta Kelengkapan berkas
pendukung terbaru lainnya. Jadi persiapkan diri Anda agar menjadi yang
terpilih dan semoga berhasil .......