ADS
Provinsi Jawa Barat secara geografis terletak di antara 5º50'-
7º50' Lintang Selatan dan 104º 48'- 108º 48' Bujur Timur, dengan luas wilayah
daratan 3.710.061,32 hektar. Jumlah penduduknya pada tahun 2011 mencapai
46.497.175 jiwa (Sumber : Database SIAK Provinsi Jawa Barat Tahun 2011).
Secara administratif sejak tahun 2008, kabupaten dan kota di
Provinsi Jawa Barat berjumlah 26 kabupaten/kota terdiri atas 17 kabupaten dan 9
kota dengan 625 kecamatan dan 5.877 desa/kelurahan. Jawa Barat terbagi dalam 4
Badan Koordinasi Pemerintahan Pembangunan (Bakor PP)Wilayah, sebagai berikut
wilayah I Bogor meliputi Kab.Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kab. sukabumi, Kota
sukabumi dan Kab. Cianjur. Wilayah II Purwakarta meliputi Kab. Purwakarta, Kab.
Subang, Kab. Karawang, Kab. Bekasi, dan Kota Bekasi. Wilayah III Cirebon
meliputi Kab. Cirebon, Kota Cirebon, Kab. Indramayu, Kab. Majalengka, dan Kab.
Kuningan. Wilayah IV Priangan meliputi Kab. Bandung, Kota Bandung, Kota Cimahi,
Kab. Bandung Barat, Kab. Sumedang, Kab. Garut, Kab. Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya,
Kab. Ciamis, dan Kota Banjar.
Saat
ini Pemprov Jawa Barat membuka kesempatan bagi Warga Negara
Republik Indonesia yang berminat menjadi CPNS di lingkungan Pemprov Jawa Barat, dengan ketentuan sebagai
berikut:
Formasi Untuk CPNS
Pemprov Jawa Barat Dengan Jumlah Lowongan CPNS 172 Lowongan selengkapnya
: Lihat Disini
Persyaratan Umum
- Warga Negara Indonesia
- Berusia serendah–rendahnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 35 tahun terhitung sampai dengan 1 Januari 2015;
- Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
- Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Anggota Kepolisian,atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai swasta;
- Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil
- Mempunyai pendidikan, kecakapan, keahlian dan keterampilan yang diperlukan
- Mempunyai integritas tinggi dan berkelakuan baik serta bebas narkoba;
- Sehat jasmani dan rohani;
- Tidak menjadi anggota atau pengurus partai
- Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
Persyaratan Khusus
- Mempunyai KTP yang masih berlaku (bukan Resi atau KIPEM);
- Lulusan Diploma (DIII), Sarjana (S1/S2) atau Diploma (DIV) dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta dengan IPK Minimal 2,75 dalam skala 4
- yang terakreditasi minimal B;
- Untuk Lulusan Diploma (DIII/DIV) dan Sarjana (S1/S2) Luar Negeri harus disertai dengan Surat Keterangan Penyetaraan Ijasah yang dikeluarkan oleh
- Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan IPK disamakan dengan Perguruan Tinggi Negeri;
- Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan standar minimal TOEFL 450 ETS;
- Untuk Pendidikan Dokter Umum wajib melampirkan ijasah Pendidikan Profesi dan Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku;
- Untuk Ijasah sementara/Surat Keterangan Lulus/Bukti yudisium tidak berlaku;
- Untuk Bebas dari Pemakaian Narkoba dibuktikan dengan Asli Surat Keterangan dari Rumah Sakit Pemerintah/Badan Narkoba Nasional/Kepolisian;
- Untuk Sehat Jasmani dibuktikan dengan Asli Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter Rumah Sakit Pemerintah;
- Apabila salah satu point tersebut diatas tidak terpenuhi, maka peserta dinyatakan gugur dalam seleksi administrasi
Tatacara Pendaftaran
:
- Masuk ke : http://regpanselnas.menpan.go.id untuk
melakukan pendaftaran dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK),
tanggal lahir, instansi yang dipilih dan e-mail.
- Log in ke http://sscn.bkn.go.id dengan
mengisi username & password yang sudah dikirim via e-mail.
- Klik DAFTAR untuk mengisi
formulir pendaftaran.
- Isi formulir registrasi yang
muncul.
- Pastikan isian data pribadi
pada form registrasi sesuai dengan KTP.
- Pastikan isian jabatan sesuai
dengan kualifikasi pendidikan.
- Klik check box mengenai
kebenaran data yang telah dimasukkan
- Masukkan kode captcha yang
tertera.
- Klik tombol Daftar untuk
memproses pendaftaran dan mendapatkan nomor registrasi.
- Cetak tanda bukti pendaftaran.
- Tanda bukti pendaftaran berupa
file dalam format PDF yang dapat disimpan di flashdisk dan dapat dicetak
ditempat lain.
- Tanda bukti pendaftaran yang
sudah dicetak agar dibawa pada saat verifikasi dokumen lamaran di panitia
penerimaan CPNS masing-masing instansi.
- Melakukan verifikasi
dokumen
- Verifikasi dokumen
dilakukan oleh Panitia Penerimaan CPNS yang ada pada
masing-masing instansi yang dilamar.
- Instansi menentukan
apakah dokumen lamaran dibawa oleh pelamar yang bersangkutan atau dikirim
melalui Pos Indonesia.
- Verifikasi dokumen tersebut
untuk memastikan kesesuaian data pelamar pada isian formulir pendaftaran
dan pilihan formasi serta pendidikan apakah telah terisi dengan data yang
benar.
- Mengikuti ujian seleksi pada
waktu yang telah ditentukan.
- Setelah mengikuti ujian seleksi
masuk, Anda dapat melihat hasil seleksi pada tanggal pengumuman.
Bagi anda yang tertarik
dengan Penerimaan CPNS Pemprov Jawa Barat diatas
silahkan segera kirimkan berkas lamaran dan CV beserta
Kelengkapan berkas pendukung terbaru lainnya. Jadi persiapkan diri Anda
agar menjadi yang terpilih dan semoga berhasil .......