ADS
ArsipNasional Republik Indonesia(ANRI) merupakan salah satu Lembaga
Pemerintah Non Kementerian yang dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 7
tahun 1971 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Kearsipan yang kemudian diubah
menjadi Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan dalam rangka
melaksanakan tugas pemerintahan dibidang kearsipan sesuai dengan ketentuan
peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Tahun 1967 merupakan
suatu periode yang sangat penting bagi Arsip Nasional, karena berdasarkan
Keputusan Presiden 228/1967 tanggal 2 Desember1967, Arsip Nasional ditetapkan
sebagai Lembaga Pemerintah Non Departemen yangbertanggungjawab langsung kepada
Presiden. Sementara anggaran pembelanjaannyadibebankan kepada anggaran
Sekretariat Negara. Penetapan Arsip Nasional sebgai Lembaga Pemerintah Non
Departemen diperkuat melalui Surat Pimpinan MPRS No. A.9/1/24/MPRS/1967 yang
menegaskan, bahwa Arsip Nasional sebagai aparat teknis pemerintah tidak
bertentangan dengan UUD 1945,bahkan merupakan penyempurnaan pekerjaan di bawah
Presidium Kabinet.
Saat
ini Arsip Nasional Republik Indonesia membuka
kesempatan bagi Warga Negara Republik Indonesia yang berminat menjadi CPNS di lingkungan Arsip Nasional Republik Indonesia, dengan ketentuan sebagai berikut:
Persyaratan Umum :
- Warga
Negara Indonesia yang memiliki kualifikasi pendidikan (jenjang dan
jurusan) sesuai dengan formasi yang dibutuhkan;
- Pria
dan Wanita dengan usia minimal 18 (delapan belas) tahun dan maksimal 35
(tiga puluh lima) tahun pada tanggal 01 September 2014. Catt : usia
maksimal secara umum adalah 35 tahun, namun setiap instansi mempunyai
kewenangan untuk menetapkan batasan usia maksimal yang akan diterima;
- Berijazah,
lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta yang telah
terakredirasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)
minimal C atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat pengesahan
dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Surat Keterangan Lulus /
Ijazah sementara tidak berlaku;
- Sehat
jasmani dan rohani;
- Tidak
terikat hubungan kerja/ikatan dinas dengan Instansi Pemerintah atau Badan
Swasta lainnya;
- Tidak
terlibat langsung atau tidak langsung dalam kegiatan organisasi yang
bertentangan dengan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara dan
Pemerintah (PUNP);
- Tidak
pernah tersangkut perkara pidana atau kasus narkoba;
- Tidak
pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau
tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil atau diberhentikan tidak
dengan hormat sebagai pegawai swasta;
- Calon
pelamar di seluruh Indonesia dapat melakukan pendaftaran secara online ke
alamat website Panselnas di: https://panselnas.menpan.go.id untuk
mendapatkan username dan password yang kemudian digunakan untuk log in ke
SSCN di: http://sscn.bkn.go.id/;
- Setelah
mengisi form registrasi melalui website pada SSCN maka pelamar dapat
mencetak tanda bukti pendaftaran.
- Calon
Pelamar Instansi Pemerintah Pusat Kementerian/Lembaga/Badan:
- Calon
Pelamar Formasi Pusat:
- Tanda
Bukti pendaftaran dan dokumen lamaran lengkap dikirim ke panitia
penerimaan CPNS pada Biro Kepegawaian kantor pusat instansi yang dilamar;
- Calon
Pelamar Formasi Kantor Wilayah
- Tanda
Bukti pendaftaran dan dokumen lamaran lengkap dikirim ke panitia
penerimaan CPNS pada Bagian Kepegawaian kantor wilayah instansi yang
dilamar
- Calon
Pelamar Instansi Pemerintah Daerah Propinsi/Kota/Kabupaten
- Tanda
Bukti pendaftaran dan dokumen lamaran lengkap dikirim ke panitia
penerimaan CPNS pada Badan Kepegawaian Daerah instansi Pemerintah Daerah
yang dilamar
- Pendaftaran
secara online dimulai pada tanggal 20 Agustus – 3 September 2014 jam 24.00
waktu setempat.
- Verifikasi
berkas lamaran lengkap di masing-masing instansi dimulai pada tanggal 23
Agustus – 5 September 2014, jam 08.00 – 16.00 waktu setempat.
- Pelamar
hanya dapat mendaftar pada 1(satu) instansi.
- Lowongan
Formasi dan kualifikasi pendidikan serta persyaratan tambahan lainnya
dapat dilihat pada panduan pendaftaran masing-masing jalur penerimaan
setiap instansi pada link Pengumuman Pendaftaran.
Persyaratan
Khusus :
- Membuat
surat lamaran yang dibuat dengan tulisan tangan sendiri, tinta hitam
dengan melampirkan :
- Daftar
Riwayat Hidup (DRH) meliputi pendidikan formal dan informal serta
pengalaman. Khusus pendidikan formal harus dituliskan dari mulai Sekolah
Dasar sampai dengan pendidikan terakhir, nama lembaga pendidikan, tahun
lulus pendidikan dan nilai rata-rata ijazah atau IPK;
- Fotocopy
Ijazah / STTB terakhir yang disahkan dan dilegalisir oleh pejabat yang
berwenang : Rektor/Dekan/Ketua/Direktur dengan stempel basah (bukan
stempel foto copy);
- Transkrip
nilai akademik yang dilegalisir oleh Dekan Fakultas bagi Perguruan Tinggi
Swasta sesuai peraturan pemerintah;
- Fotocopy
Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku pada saat pendaftaran 1
(satu) lembar.
- Pas
foto berwarna 4×6 : 3 lembar
Tatacara Pendaftaran
:
- Masuk
ke portal Panselnas di http://regpanselnas.menpan.go.id untuk
melakukan pendaftaran dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK),
tanggal lahir, instansi yang dipilih dan e-mail.
- Log
in ke http://sscn.bkn.go.id dengan
mengisi username & password yang sudah dikirim via e-mail.
- Klik
DAFTAR untuk mengisi formulir pendaftaran.
- Isi
formulir registrasi yang muncul.
- Pastikan
isian data pribadi pada form registrasi sesuai dengan KTP.
- Pastikan
isian jabatan sesuai dengan kualifikasi pendidikan.
- Klik
check box mengenai kebenaran data yang telah dimasukkan
- Masukkan
kode captcha yang tertera.
- Klik
tombol Daftar untuk memproses pendaftaran dan mendapatkan nomor
registrasi.
- Cetak
tanda bukti pendaftaran.
- Tanda
bukti pendaftaran berupa file dalam format PDF yang dapat disimpan di
flashdisk dan dapat dicetak ditempat lain.
- Tanda
bukti pendaftaran yang sudah dicetak agar dibawa pada saat verifikasi
dokumen lamaran di panitia penerimaan CPNS masing-masing instansi.
- Melakukan
verifikasi dokumen
- Verifikasi
dokumen dilakukan oleh Panitia Penerimaan CPNS yang ada pada
masing-masing instansi yang dilamar.
- Instansi
menentukan apakah dokumen lamaran dibawa oleh pelamar yang bersangkutan
atau dikirim melalui Pos Indonesia.
- Verifikasi
dokumen tersebut untuk memastikan kesesuaian data pelamar pada isian
formulir pendaftaran dan pilihan formasi serta pendidikan apakah telah
terisi dengan data yang benar.
- Mengikuti
ujian seleksi pada waktu yang telah ditentukan.
- Setelah
mengikuti ujian seleksi masuk, Anda dapat melihat hasil seleksi pada
tanggal pengumuman.
Bagi anda yang tertarik
dengan Penerimaan CPNS Arsip Nasional Republik Indonesia diatas, silahkan
segera kirimkan berkas lamaran dan CV beserta Kelengkapan berkas
pendukung terbaru lainnya. Jadi persiapkan diri Anda agar menjadi yang
terpilih dan semoga berhasil .......