ADS
Apakah Anda sudah
bekerja bertahun-tahun? namun sampai saat ini gaji Anda masih belum naik juga?
Pastinya Anda akan merasa sangat kesal dengan atasan Anda yang memang tidak
menghargai kerja keras Anda selama ini. Merupakan pertanyaan yang sering kita
hadapi dalam dunia pekerjaan.
Salah satu cara yang
bisa Anda lakukan agar Anda mendapatkan kenaikan gaji yaitu dengan melakukan
negosiasi gaji kepada atasan Anda. Namun perlu Anda tahu, ada beberapa hal yang
harus Anda perhatikan ketika Anda akan melakukan proses negosiasi gaji berasa
atasan Anda.
Dikarenakan, ketika Anda
melakukan kesalahan saat menjalankan negosiasi gaji dapat mengancam
kelangsungan karir Anda. Berikut ini ada beberapa hal yang harus benar-benar
Anda perhatikan dan harus Anda hindari saat Anda melakukan negosiasi gaji
dengan atasan, yaitu sebagai berikut:
*Jangan Mengancam
Jangan pernah Anda
bertindak semata-mata Anda memiliki hak yang besar untuk kenaikan gaji.
Apalagi, Anda meminta kenaikan gaji dengan menggunakan kalimat-kalimat yang
bernada mengancam. Ketika Anda bertingkah seperti ini, dapat mencerminkan diri
Anda yang memang tidak menghargai atasan Anda di kantor. Bukannya gaji Anda
yang dinaikkan, namun bisa jadi Anda malah dipecat dari pekerjaan Anda.
Merugikan diri sendiri, bukan?
*Jangan Katakan Alasan
Mengapa Anda Membutuhkan Uang
Pastinya setiap orang
memiliki pengeluaran yang tidaklah terduga. Mungkin biaya untuk keperluan anak
sekolah, menumpuknya utang kartu kredit yang belum sempat Anda bayar, atau Anda
ingin membeli mobil baru. Itu semua tidak relavan dengan atasan Anda, dan hal
ini juga bukan menjadi tanggung jawab atasan Anda, melainkan tanggung jawab
Anda yang harus Anda selesaikan. Jika Anda ingin gaji Anda naik, alangkah lebih
baik jika Anda tidak mengutarakan cerita-cerita yang menyedihkan. Sebab atasan
Anda bisa menilai kalau Anda merupakan salah satu karyawan yang hanya ingin
mencari simpati dari atasan juga rekan kerja, dan itu sangatlah tidak baik
untuk dilakukan di tempat kerja.
*Jangan Mendramatisir
Kantor merupakan tempat
berkumpulnya orang-orang yang memiliki jiwa profesional. Oleh karena itu,
sebaiknya Anda menyimpan semua rengekan serta tangisan Anda ketika Anda berada
di tempat kerja. Jika Anda ingin atasan Anda menaikkan gaji Anda, Anda jangan
pernah mendramatisir kesulitan keuangan Anda di hadapan atasan serta rekan
kerja Anda. Atasan Anda bisa menilai Anda sebagai seorang karyawan yang manja,
dan tidak pantas untuk dipertahankan bekerja di perusahaan tersebut.
*Jangan Membandingkan
Gaji dengan Rekan Lain
Mempersoalkan gaji yang
berbeda dengan rekan kerja Anda yang lainnya, semestinya hal ini bukanlah
menjadi satu urusan yang harus Anda persoalkan. Apalagi jika Anda tengah
melakukan proses negosiasi gaji dengan atasan Anda serta membandingkan gaji
yang Anda dapatkan serta gaji yang rekan kerja Anda dapatkan yang memang setara
dengan jabatan Anda. Banyak diantaranya alasan mengapa gaji yang diperoleh
rekan kerja Anda lebih tinggi jika dibandingkan dengan Anda. Salah satunya
mungkin rekan kita memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi dan pengalaman kerja
yang tidaklah Anda miliki.
Semoga tips Kesalahan Saat Melakukan Negosiasi Gaji ini dapat bermanfaat, jadi persiapkan diri
anda agar menjadi yang terpilih dan semoga berhasil…