CPNS 2013 Akan Menerapkan 3 Tes Kompetensi Dasar | Informasi Lowongan Kerja Terbaru

CPNS 2013 Akan Menerapkan 3 Tes Kompetensi Dasar

,
ADS

Dalam pelaksanaan penerimaan CPNS baru 2013 ini, hampir seluruh Kementrian serta seluruh lembaga sampai-sampai pemerintah daerah akan melakakukan penerimaan CPNS baru dengan jumlah kuota yang telah disediakan pemerintah pusat mencapai angka 60 ribu orang untuk golongan pelamar umum, yang dialokasikan 40 ribu ontuk instansi daerah serta sisanya 20 ribu untuk instansi pusat.

Berdasarkan informasi yang telah beredar, bahwa pembukaan CPNS tersebut akan dilaksanakan seusai lebaran nanti.Terkait tes apa saja yang akan dilaksanakan dalam penerimaan CPNS baru, Azwar Abubakar KemenPAN-RB menjelaskan bahwa untuk pelaksanaan tes CPNS tahun 2013 ini akan lebih transparan lagi, dengan menerapkan 3 tes kompetensi dasar.

Azwar menjelaskan, “Dalam pelaksanaan tes CPNS, kami menerapkan 3 tes kompetensi dasar, yaitu tes kepribadian, tes potensi akedemik, serta tes wawasan kebangsaan,” ujarnya di kantor Menko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (26/7/2013).
Transparan itu seperti apa? Azwar kembali menjelaskan, “Sistem transparan yaitu nantinya lemabar jawaban yang ada saat tes akan dibawa langsung ke Jakarta serta diumumkan.”

“Akan sangat rawan jika di daerah, karena akan diubah-ubah namanya. Nanti ketika pengumuman berlangsung akan disesuaikan, dan lamanya bisa mencapai 2 sampai 3 minggu lamanya. Jadi hasil dari tes tersebut akan masuk kemudian diperiksa setelah itu barulah diumumkan, jadi itu akan lebih transparan,” tutur Azwar kembali.


Akan tetapi, dari sekian banyak jumlah kuota yang disediakan yang jumlahnya mencapai 60 ribu kuota, belum semuanya pasti dapat terisi. Hal tersebut akan sangat tergantung terhadap kualifikasi ketika tes berlangsung. Pada penerimaan tahun yang lalu saja dari 13 ribu kuota yang disediakan, yang dapat terisi hanya sekitar 11 ribu saja, dan sisanya kebanyakan mereka tidak memenuhi syarat kualifikasi.

Semaoga informasi ini dapat bermanfaat..... 
LOKER Terbaru