Program Kerja Magang ke Jepang

,
IK8
Pemagangan adalah bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman, dalam proses produksi barang dan/atau jasa di perusahaan dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.
DASAR PELAKSANAAN PROGRAM PEMAGANGAN KE JEPANG
Memorandum of Understanding (MOU) antara Direktorat Jenderal Binalattas Kemennakertrans R.I. dengan The Association for International Manpower Development of Medium and Small Enterprises Japan (IMM) tanggal 16 September 1994 diperbarui dengan amandemen pada tanggal 1 Februari 2010.
Program Magang Jepang Merupakan program pemerintah DISNAKERTRANS RIbekerjasama dengan IMM JAPAN ( IM JAPAN ) DAN YAYASAN /LEMBAGA SWASTA ( untuk non IMM JAPAN ) untuk memberikan kesempatan kepada pemuda indonesia untuk belajar bekerja di jepang yang berguna untuk meningkatkan sumber daya manusia INDONESIA yang nantinya bisa membangun atau menciptakan lapangan kerja sendiri di INDONESIA.
TEC Bhaskoro (Jl Slamet Riyadi no 172, Sukoharjo) di buka secara resmi dengan ijin operasional dari Diknas no 800/ 040/ 2009 Maret 2009 dan dari Disnaker no 563/401/2011 Mei 2011.
Misi: Itsumo (Selalu), Itsudemo (Kapanpun), Itsu Mademo (Sampai Kapanpun) TEC Bhaskoro akan terus berkarya untuk menjadikan siswa sukses bekerja di Jepang dan sukses menjadi Wirausahawan / Pembisnis setelah kembali ke Indonesia.
Membuka lowongan untuk pendidikan program magang kerja ke jepang untuk Angkatan Juni 2013 Untuk posisi :

- Job Magang di Seafood Proccessing  Untuk Siswa Perempuan Melalui Jalur Swasta  ( Persyaratan Wanita Usia 19 th s.d 27 thn,  min lulusan SMA /SMK/STM, Diutamakan D3, S1)

- Job Magang di Pengelasan Untuk Siswa Pria Melalui Jalur Swasta ( putra 20 th s.d 26 thn, minimal lulusan  SMA /SMK/STM, Diutamakan D3, S1 )
- Job Magang di Press Logam Untuk Siswa Pria Melalui Jalur Swasta ( putra 19 th s.d 27 thn, minimal lulusan  SMA /SMK/STM, Diutamakan D3, S1 )
Persyaratan
Untuk mengikuti / menjadi siswa ( peserta magang Jepang ) Syarat-syaratnya adalah sbb :
1) Min lulusan SMA/SMK, Diutamakan D3, S1
2) Usia 19-27 tahun (Pria/Wanita)
3) Sehat Jasmani dan Rohani
4) Tinggi min 160cm (Pria) 155cm (Wanita), Berat badan ideal.
5) Tidak berkaca mata, tindik, tattoo.
6) badan tegak, tidak pernah memiliki riwayat operasi tulang/ patah tulang.
7) Tidak memiliki riwayat penyakit dalam seperti: TBC, Kanker, Asma, Jantung, Hepatitis, diabetes dll.
PROSEDUR MAGANG JEPANG 

1. DIKLAT PRA SELEKSI ( 3-6 BULAN )
a. Seleksi Dokumen
siswa mengirimkan dokumen (fotokopi KK,KTP,AKTE,IJAZAH SD-TRAKHIR, curikulum vitae, daftar riwayat hidup, foto berwarna 3x4 2 lembar) setelah lolos akan dipanggil untuk mengikuti tes interview dan psykotest kemudian ditetapkan untuk mengikuti pendidikan magang jepang.

b. Pendidikan dan Pelatihan Program Magang Jepang, materi meliputi :
1. Bahasa Jepang standar N3
2. FMD ( lari, push up, shit up )
3. Pelatihan Kedisiplinan, Cara Hidup dan Mental
4. Matematika ( Materi Matematika Seleksi IM Japan )
5. Sheikatsu Benkyo (Budaya,Kehidupan di Jepang, manajemen keuangan dll)
6. Teknik Wawancara dengan User Jepang
7. Pra Medical Cek Up

2. SELEKSI DENGAN USER DARI JEPANG / PIHAK PENGIRIM
Seleksi program magang Jepang swasta terdiri dari 2 sistem :

a. Seleksi dengan User Jepang
Pada proses seleksi ini, calon trainee langsung bertemu dengan pihak User dari Jepang. Biasanya calon trainee harus punya keahlian tertentu misalnya autocad, pengelasan, CNC dll. Proses seleksi ini butuh waktu 3-4 bulan ( sejak lolos seleksi ) sudah bisa berangkat ke Jepang

b. Seleksi Dokumen
Pada proses seleksi ini, calon trainee tidak perlu melakukan wawancara langsung dengan pihak Jepang, hanya pihak pengirim mengirim dokumen ke Jepang. Dokumen yang dipilih akan diproses oleh perusahaan penerima di Jepang dan biasanya calon trainee tidak perlu memiliki keahlian tertentu Proses seleksi ini butuh waktu antara 3 s.d 6 bulan (sejak pengiriman dokumen )

c.MEDICAL CHECK UP
Seleksi medical meliputi : darah, rontgen, urine, feses, visus, fisik dokter

3. DIKLAT PRA PEMBERANGKATAN/ KONTRAK MAGANG DENGAN PERUSAHAAN JEPANG
siswa setelah lolos tahap ini, peserta langsung pendidikan dipusat untuk persiapan pemberangkatan dan tanda tangan kontrak perusahaan Jepang (siswa harus mempersiapkan paspor)
4. BERANGKAT KE JEPANG
Menyelesaikan kontrak magang kerja selama 3 tahun


FASILITAS BEKERJA DI JEPANG
A.Gaji Pokok ±90.000 yen + Uang lembur bisa mencapai Rp. 20.000.000(dua puluh juta rupiah) - Rp.30.000.000(tiga puluh juta rupiah) dengan kontrak kerja 3 thn maka, kira – kira 300-500 juta bisa dikumpulkan untuk dibawa pulang ke Tanah air sebagai modal usaha. Angka ini bisa berkali lipat ganda 2 sampai 3 kali jika selama pemagangan mereka banyak kerja lembur dan hemat selama di Jepang.

B.Asuransi melindungi pemagang dari semua hal yang bisa menimpa semua orang dimanapun dan kapanpun, asuransi meliputi asuransi kesehatan, kecelakaan, pensiun dan kematian
C.Kontrak kerja yang dijalankan di Jepang cukup panjang yaitu 3 thn / 36 bulan, jadi cukup banyak waktu untuk bisa menambah pengetahuan bahasa,etos kerja,managemen usaha,wisata / rekreasi ketempat – tempat terkenal di Jepang dll.
D.Fasilitas yang diterima selama di Jepang antara lain :
•Sepeda sebagai alat transportasi ke perusahaan atau supermarket atau apartemen teman – teman yang dekat.
•Apartemen lengkap dengan standar hidup di Jepang, kamar tidur, MCK, Mesin cuci, Kulkas, Kompor gas, Alat masak, AC
•Listrik, Air, Gas didapatkan secara cuma-Cuma, gratis sampai pemakaian tertentu.
E.Tiket Indonesia – Jepang waktu berangkat dan Jepang – Indonesia waktu pulang setelah selesai 3 thn tanpa harus membayar dapat diterima secara gratis.
F.Bagi peserta yang bisa berangkat lewat IM Japan / Depnakertrans akan dapat pesangon modal kerja sebesar ¥ 1 juta = Rp 100.000.000 (seratus juta rupiah), dan bagi yang melalui swasta mendapat pesangon sekitar 60.000.000 (enam puluh juta rupiah).
G.Bagi yang ingin bekerja di perusahaan jepang yang ada di Indonesia maka mendapatkan prioritas lebih. Cukup wawancara saja dengan pimpinan perusahaan yang bersangkutan tanpa harus nglamar, ngantri panggilan dst.
Pendaftaran
Magang Jepang tidak sama dengan kerja ke Hongkong / Malaysia / Taiwan dll. Paling tidak masalah gaji juga keselamatan kerja.

Keselamatan Kerja paling diutamakan oleh perusahaan Jepang, bisa dilihat dari standar perusahaan Jepang yang ada di Indonesia.
Dan program ini bukan jalur Tki(kerja di luar negeri) tapi pemagangan (belajar sambil bekerja/bekerja sambil belajar) visa yang di gunakan adalah visa magang, bisa digunakan untuk kuliah di jepang, peserta magang jepang asal Indonesia mendapatkan jaminan perlindungan atau disetarakan dengan tenaga kerja warga Jepang. mendapat hak yang sama dengan pekerja Jepang, Kesamaan hak itu mencakup gaji, jaminan perlindungan dan status sebagai tenaga kerja, Mendapat perlindungan asuransi kecuali sakit gigi, sakit bawaan yang diderita sebelum tiba di Jepang. dengan adanyaUU Tenaga Kerja Antara pemerentah RI dengan pemerentah Jepang, maka peserta Magang ke Jepang asal Indonesia mendapatkan jaminan perlindungan sejak tahun pertama sampai tahun ketiga yang SETARA dengan hak tenaga kerja warga Jepang.
Biaya Diklat Pendidikan PRA SELEKSI, PRA MEDICAL ( MEDICAL CHECK UP TAHAP I )

1. Bahasa Jepang standar N3
2. FMD ( lari, push up, shit up )
3. Pelatihan Kedisiplinan, Cara Hidup dan Mental
4. Matematika ( Materi Matematika Seleksi IM Japan )
5. Sheikatsu Benkyo (Budaya,Kehidupan di Jepang, manajemen keuangan dll)
6. Teknik Wawancara dengan User Jepang
7. Pra Medical Cek Up

BIAYA MEDICAL TAHAP II
Pemeriksaan tes darah, tes urine, tes jantung, tes feses.
Tempat test : Klinik Kesehatan yang ditunjuk
BIAYA PEMBUATAN PASPOR
BIAYA PELATIHAN DAERAH
BIAYA PELATIHAN PUSAT
BERANGKAT KE JEPANG
Uang saku, Biaya Visa dan biaya imunisasi
(Bagi peserta yang kurang mampu dan dari dalam kota sukoharjo, solo, sragen, karanganyar, wonogiri, klaten, wilayah Jateng dan Jogjakarta bisa mengikuti program pembiayaan/ Sistem potong gaji setelah bekerja di jepang )
Pastikan Yayasan atau Lpk memiliki ijin resmi, Untuk mengetahui lembaga pengirim (Yayasan atau LPK atau Instansi Pemerintah) yang menyelenggarakan program pemagangan ke Jepang dapat menghubungi:
Kemennakertrans R.I.
Cq. Direktorat Bina Pemagangan
Direktorat Jenderal Binalattas
Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 51
Lantai VI A Jakarta Selatan
Pergunakanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya karena program magang jepang ini hanya berlaku 1 kali seumur hidup, bandingkan hasilnya dengan menjadi TKI di negara lain, Berdasarkan hasil survei, komposisi gaji TKI terbesar berada di kisaran Rp1,5–2 juta, dan 
Rp1–1,5 juta. Dengan asumsi kurs Rp10.000 per dolar AS, sebagian besar TKI bergaji antara US$100–200 per bulan. dan bandingkan pula hasilnya ketika Anda ingin bekerja di indonesia yang menuntut pendidikan D3/Sarjana dengan asumsi gaji pegawai 3 jt/bln (dengan Biaya untuk pendidikan D3/S1 selama kurang lebih 3-5 thn sekitar 30-50 jt) Anda membutuhkan waktu sekitar 15 Tahun untuk mendapatkan Hasil yang sama atau lebih kecil dengan mengikuti Program magang di jepang selama 3 thn ini, yang hanya membutuhkan 1/2 dari biaya kuliah sarjana D3/S1, itupun bisa langsung balik modal hanya dengan 1-2 bulan gaji.


setiap tahun siswa peserta magang kejepang pulang sebanyak 2500 orang, yang telah selesai 3 tahun di jepang mengikuti program ini.. dan nanti setelah pulang sampai ke indonesia mereka dapat uang modal usaha mandiri sebanyak 600.000 yen atau sekitar 73 juta rupiah ditambah uang pengembalian asuransi dari jepang sekitar 35 juta, ditambah gaji per bulan rata rata 10 juta (gaji pokok ditambah uang lemburan berkisar 5 juta-15 juta maka gaji anak anak di jepang adalah 15 juta – 25 juta per bulan selama 3 tahun dan bisa menabung 10 juta – 20 juta per bulan karena biaya hidup di jepang 2 juta – 3 juta /bulan untuk makan dan jalan jalan dijepang setiap liburan /hari minggu, jika dilihat untuk meningkatkan derajat hidup / merubah nasib sangat bagus program ini .
PASCA PEMAGANGAN
Peserta yang telah berhasil menyelesaikan program pemagangan selama 3 (tiga) tahun wajib pulang ke Indonesia dan akan menerima :
-Sertifikat Keterampilan dari JITCO.
-Sertifikat Keterampilan dari IMM Japan.
-Tunjangan modal usaha sebesar ¥ 1000.000 (untuk usaha mandiri).kurs yen saat ini 112= Rp.112 jt
-Peserta akan mengikuti wawancara dengan perusahaan Jepang yang ada di Indonesia untuk ditempatkan pada perusahaan tersebut. Perusahaan-perusahaan tersebut antara lain :

PERUSAHAAN JEPANG DI INDONESIA
 
-PT. Yamaha Indonesia Motor MFG
Jl. Dr. KRT Radjiman Widyodiningrat (Jl. Bekasi KM 23) Pulogadung
-PT. Toyo Besq Precision Part Indonesia
Jl. Permata Raya Lot 8 & 13 Kawasan Industri KIIC Karawang
-PT. Idemitsu Lube Techno Indonesia
Graha KIIC Lt. 2 Jl. Pramata Raya Lot C-1B Karawang
-PT. Sanyo Medical Indonesia
Jl. Rembang Industri III No. 30 Pasuruan Industrial Estate Rembang
-PT. Toyota Tsusho Mechanical & Enginnering Service Indonesia
Kawasan Industri MM2100 Plot KK-7 Cikarang Barat
-PT. Keihin Indonesia
Kawasan Industri MM-2100 Blok JJ-I Cikarang Barat.
-PT. Ex-Batam Indonesia
Blok 216 Jl. Beringin Batamindo Industrial Park - Muka Kuning - Pulau Batam
-PT. Metec Semarang
Tanjung Emas Export Processing Zone Jl. Coaster No. 8 Blok 12A-16, Semarang
-PT. Central Motor Wheel Indonesia
Jl. Rembang Industri II, No. 2 Kawasan Rembang Industri, Pasuruan
-PT. Mitsuba Indonesia Pipe Parts
Kawasan Industri MM-2100 Plot NN-12 , Cikarang Barat
-PT. Gistex Nisshinbo Indonesia
Jl. Nanjung No. 66 Cimahi Selatan, Bandung
-PT. Aichi Forging Indonesia
Jl. Pegangsaan Dua, Blok A-1 KM. 1,6 Kelapa Gading - Jakarta
-PT. Mandom Ind.
Kawasan Industri MM-2100, Jl. Jawa Blok J-9 Cibitung.
-PT. Ihara Manufacturing Ind.
Kawasan Industri EJIP Plot 7K-2, Cikarang Selatan.
-PT. Yasunaga Indonesia
Kawasan Industri Modern Cikande Kav. 24, Banten
-PT. Yamaha Motor Manufacturing
Kawasan Industri KIIC Lot F2 & F6
dll masih banyak lagi...
KEUNTUNGAN MENGIKUTI MAGANG KE JEPANG
- MEMPUNYAI SKIL TEHNIK YANG BISA DI ANDALKAN
- BERSERTIFICATE INTERNATIONAL
- MENGUSAI BAHASA JEPANG DENGAN MAHIR
- MENGETAHUI BUDAYA JEPANG
- PADAT MODAL BISA MEMBAWA UANG LEBIH DARI 400 JUTA
-BISA BEKERJA DI PERUSAHAAN JEPANG DI INDONESIA
-PENGALAMAN KERJA STANDAR INTERNASIONAL – Banyak sekali yang bisa didapatkan dari gaya hidup selama di Jepang. Kedisiplinan, habit tepat waktu, etos kerja keras, pola pikir problem solver, inovasi dan kreatifitas terhadap ide-ide baru yang cemerlang, kebiasaan dan budaya Jepang yang tentunya merupakan ilmu dan pengalaman yang sangat berharga untuk menjadikan peserta magang yang berkualitas internasional. Menikmati salju dikala musim dingin, menikmati onogiri dibawah guguran bunga sakura dikala hanami, naik kereta supercepat shinkansen, naik gunung Fuji dan lain-lain merupakan pengalaman yang begitu indah untuk dibagi dengan para sahabat dan keluarga.
-TUNJANGAN MODAL USAHA – Setelah selesai program magang kerja di Jepang selama 3 tahun dengan baik, peserta akan mendapatkan “pesangon”. Sehingga peserta yang hemat akan mendapatkan tabungan + pesangon. Jumlahnya 600.000 Yen - 1.000.000 Yen.(60-100 Juta)
-NEXT LEVEL OPPORTUNITY – Umumnya saat keberangkatan, peserta magang kerja di Jepang berusia pada kisaran umur 20-26 tahun. Dengan menjalani program magang kerja selama 3 tahun maka saat mereka selesai program dan pulang pada usia 23-29 tahun. Usia yang masih sangat muda untuk mewujudkan impian-impian yang besar. Mereka bisa mendirikan usaha di Indonesia dengan modal uang dan modal keahlian yang dimiliki dari magang kerja di Jepang. Mereka juga bisa meneruskan kuliahnya, terserah mau kuliah dimana? Bisa di Indonesia, bisa di Jepang, atau di China. Bisa apa lagi? Bagi yang mau bekerja, mereka bisa menanamkan modalnya menjadi properti yang produktif, kemudian mereka bekerja di pasar lowongan kerja internasional
Fasilitas Peserta yang lolos seleksi:
-Mendapatkan fasilitas akomodasi dan transport
Mendapat tunjangan uang saku/gaji (telah di singgung di atas)
Mendapat perlindungan asuransi kecuali sakit gigi, sakit bawaan yang diderita sebelum tiba di Jepang
Dengan adanya UU Tenaga Kerja yang baru, peserta magang dari Indonesia mendapatkan hak yang sama dengan pekerja asli Jepang. Kesamaan hak itu mencakup gaji, jaminan perlindungan dan status sebagai tenaga kerja. Sehingga dengan UU Tenaga Kerja yang baru tsb, maka peserta Magang ke Jepang asal Indonesia mendapatkan jaminan perlindungan sejak tahun pertama sampai tahun ketiga yang SETARA dengan hak tenaga kerja warga Jepang.
TIPS BAGI CALON PESERTA PEMAGANGAN SEBELUM MENDAFTAR DAN MELAKUKAN TEST
1. Mempersiapkan perlengkapan administrasi asli dan fotocopy dan legalisir.
2. Jauhi narkoba dan sejenisnya.
3. Mempersiapkan kondisi tubuh dan ketahanan fisik.
- mengkonsumsi makanan yang bergizi, sehat, dan bersih.
- olahraga teratur sambil mencoba test ketahanan fisik.
- menjaga kesehatan diri dari segala macam penyakit.
4. Mendaftar langsung ke tempat pendaftaran yang telah di tentukan, tidak di wakili dan tanpa melalui perantara.

Bagi Anda yang memenuhi Qualifikasi, pendaftaran dapat dilakukan dengan mengirimkan:
-Surat lamaran magang dengan melampirkan alasan kenapa ingin mengikuti program magang jepang?
- CV dengan melampirkan, no telp yang bisa dihubungi
- Surat Keterangan Sehat dari Dokter pemerentah
- foto kopi KTP, KK, Ijasah SD-Terakhir, akte lahir,
- foto berwarna 3x4 sebanyak 2 lembar,

ke alamat dibawah ini:
TEC BHASKORO
Jl. Slamet Riyadi no 172 Sukoharjo, 57514 Jawa tengah
Manajer SDM
Untuk Informasi selengkapnya lihat disini 
Share LOKER Ini